ibu hamil
image source: dik

Makanan sehat untuk ibu hamil muda  tidak melulu harus yang berharga mahal. Sama seperti halnya fenomena ngidam, yang terkadang membuat bimbang antara harus diikuti atau tidak, karena terkadang sulit untuk mewujudkannya, sebetulnya jalan keluarnya sangat mudah. Ada banyak makanan yang berharga murah namun kandungan nutrisinya sangat kaya. Contohnya adalah bubur kacang hijau yang dibuat sendiri di dapur rumah. Kacang hijau mengandung sejumlah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin yang tengah dikandungnya. Menariknya lagi, karena kaya akan kandungan serat maka kacang hijau tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengatasi mual yang bisa terjadi di awal masa kehamilan.

Berikut ini merupakan daftar nutrisi dalam kacang hijau dan sangat bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan janin di dalam rahim. Simak, yuks!

  • Protein. Salah satu kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam kacang hijau ini adalah protein. Namun, untuk jenis proteinnya sendiri masuk kategori nabati. Dimana, kandungan ini bagus untuk membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat dari salah mengonsumsi makanan. Tidak hanya itu, protein yang terdapat pada kacang hijau ini juga memberikan energi lebih untuk ibu hamil, sehingga selama hamil Ibu akan tetap bertenaga.
  • Serat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam kacang berwarna hijau tersimpan kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat inilah nantinya yang dapat mengatasi mual karena kebutuhan asupan makanan ibu hamil sudah tercukupi sekaligus dapat menyehatkan sistem pencernaan. Rutin mengonsumsi kacang hijau ini, tentu tubuh Ibu tidak akan diserang oleh gangguan pencernaan. Untuk itu, konsumsilah kacang hijau ini ketika hamil!
  • Lemak. Dalam kacang hijau ini terkandung lemak yang cukup tinggi. Namun, lemak yang tersimpan di dalamnya bukanlah lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan, melainkan lemak baik yang dapat menyehatkan tubuh ibu hamil. Selain itu, lemak ini pun sangat bagus untuk proses tumbuh kembang janin dalam rahim.
  • Mineral dan vitamin. Kacang hijau juga menyimpan kandungan vitamin dan mineral. Dimana, khusus untuk mineral dapat mencegah agar ibu hamil tidak terserang dehidrasi yang dapat membahayakan kesehatan. Serta untuk vitamin bisa dimanfaatkan untuk membantu perkembangan janin, menghindari bayi lahir cacat, dan sebagainya.

Itulah sejumlah nutrisi yang terdapat di dalam kacang hijau. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat ya, Bu! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *