oli motorBagi kamu yang selalu menggunakan oli motor matik terbaik, tak perlu khawatir karena penggunaan oli yang berkualitas dapat merawat mesin dan meningkatkan kualitas mesin. Namun, akhir-akhir ini banyak oli palsu yang beredear di pasaran. Meskipun kualitas oli palsu tak sebagus oli pabrikan, tetapi tetap saja ada beberapa orang yang sengaja tetap menggunakannya karena harga oli tersebut jauh lebih terjangkau. Padahal, penggunaan oli tidak bisa disepelekan, lho. Bukannya berfungsi selayaknya oli pada umumnya, oli palsu justru dapat membahayakan mesin motor.

Apa risiko menggunakan oli palsu pada motor?

  • Mesin mengeluarkan suara kasar.Ada beberapa risiko menggunakan oli palsu, mulai dari yang ringan, hingga yang berat. Gejala ringan yang bisa dirasakan saat menggunakan oli palsu adalah bunyi mesin yang kasar dan terkadang laju motor menjadi tersendat.
  • Membuat dinding silinder menjadi kering. Menurut ahli mekanik, kemungkinan terdapat kotoran pada oli palsu yang dapat membuat sirkulasi oli pada dinding silinder terhambat. Dinding silinder yang terhambat dapat menjadi kering. Jika dibiarkan seperti ini, maka akibatnya bisa fatal dan merambat ke komponen lain.
  • Overheat. Salah satu peran penting dari oli adalah mendinginkan mesin. Jika kualitas oli kurang terjamin, maka jangan heran kalau motormu akan mengalami overheat.
  • Turun mesin. Di antara beberapa risiko di atas, risiko paling parah jika terlalu sering menggunakan oli palsu adalah turun mesin. Jika sudah turun mesin, maka perbaikan motor akan sangat rumit dan memerlukan biaya yang fantastis.

Jadi, jika kamu menggunakan oli palsu untuk motor, maka bersiaplah untuk mengalami beberapa risiko di atas. Memang harga oli yang kamu beli jauh lebih murah daripada harga oli pabrikan, tetapi lihatlah berbagai risiko yang perlu kamu tanggung. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan di atas juga tidak bisa dibilang murah. Bisa mencapai jutaan, tergantung jenis kerusakannya. Jadi, percuma saja jika kamu memilih untuk menggunakan oli palsu karena harganya lebih murah karena kamu akan menanggung biaya perbaikan yang justru lebih mahal nantinya. Oleh sebab itu, bijaklah memilih oli untuk sepeda motor kesayanganmu! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *