make up
image source: bionike

Mengoleksi produk-produk kosmetik adalah hobi banyak wanita. Mulai dari lipstik Mizzu, face powder, face highlighter, blush on, mascara, eyeliner sampai eye shadow ada di laci-laci atau lemari-lemari segelintir wanita. Namun, tidak banyak yang tahu seberapa lama usia setiap produk kosmetik.

Umumnya, tanda kedaluwarsa ditempelkan di dus produk. Akan tetapi, tentu tidak semua orang suka menyimpan dus, kan? Maka dari itu, artikel ini akan merangkum waktu kedaluwarsa setiap produk kosmetik. Simak ulasannya dalam paragraf berikut.

Lipstik: 2 tahun

lipstik Mengutip penata rias selebriti Jamie Greenberg dalam situs HuffPost, usia sebuah lipstik adalah 2 tahun saja. Yap, jangan lagi gunakan lipstik kamu jika sudah berusia lebih lama dari itu. Sebab, kandungan kimiawi yang ada di dalamnya kemungkinan besar sudah tidak sama dengan ketika baru dibeli. Meski begitu, lipstik yang mengalami perubahan warna, tekstur, ataupun bau walau belum berusia 2 tahun juga sudah tidak layak pakai. Greenberg menuturkan ketiga hal ini merupakan tanda bahwa lipstikmu sudah kedaluwarsa.

Blush on, eye shadow, face powder dan produk bubuk lainnya: 1-2 tahun

Blush onMenurut Greenberg, produk-produk kosmetik yang berbentuk bubuk umumnya akan berusia lebih panjang daripada produk yang berformula basah. Walau begitu, produk-produk bubuk sepatutnya hanya digunakan dalam rentang 1 hingga 2 tahun saja. Periksa secara berkala untuk tahu apakah bau atau warnanya mengalami perubahan. Seperti lipstik, jika dua hal ini muncul pada produk kosmetik bubukmu, maka segeralah buang.

Mascara: 3-6 bulan

Mascara merupakan produk kosmetik yang paling pendek usianya. Normalnya, mascara hanya boleh dipakai untuk kurun waktu tiga sampai empat bulan. Hal ini disebabkan oleh tingkat kehigienisan yang dimilikinya. Sebab, jika terlalu sering membuka-tutup dan menarik-mendorong kuas mascara pada tubeĀ­-nya, cairan mascara akan cepat mengering dan bakteri bisa lebih mudah masuk. Makanya, Greenberg menyarankan untuk tidak terlalu sering memompa mascara jika ingin usianya panjang.

Eyeliner: 6 bulan sampai 1 tahun

EyelinerHampir mirip dengan mascara, eyeliner gel juga maksimal bisa berusia hingga 6 bulan. Hal ini disebabkan oleh tekstur eyeliner dan tube yang dimilikinya. Eyeliner gel dalam tube tidak punya usia panjang karena akan cepat kering ketika tube dibuka, dan juga mudah masuk bakteri. Sedangkan eyeliner pensil bisa berusia sampai 1 tahun. Dengan tekstur kering, eyeliner pensil tidak akan menjadi tempat berkembang biak bakteri sebanyak dalam eyeliner gel.

Itulah dia usia-usia simpan setiap jenis produk kosmetik. Sekarang kamu bisa mensortir produk-produk kosmetikmu dan membuang yang sudah kedaluwarsa. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *