rumah terang dan bersihApakah kamu tahu kalau ternyata rumah yang nyaman selalu didasari dengan syarat-syarat rumah sehat? Ya, rasa nyaman yang didapat oleh para penghuni pastinya tidak bisa didapatkan bila hunian yang ditinggali memiliki lingkungan yang berantakan, kotor dan penuh dengan debu. Berniat untuk istirahat setiap hari di rumah malah menjadi suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Maka dari itu, untuk mendapatkan lingkungan rumah di Jakarta Timur yang nyaman untuk ditempati, alangkah baiknya kamu menerakan syarat-syarat rumah sehat yang akan dibahas secara lebih lanjut di artikel ini. Simak sampai akhir, ya!

Tidak menggunakan material yang mengandung zat kimia berbahaya

Pasalnya, beberapa material ada yang menggunakan atau pun mengandung bahan kimia berbahaya. Salah satu contoh bahan bangunan yang berbahaya adalah penggunaan asbes sebagai atap ataupun plafon. Selain itu, material PVC juga dapat menghasilkan gas yang dapat memicu berbagai penyakit, termasuk kanker. Maka dari itu, akan sangat disarankan bagi Anda untuk mengenal dengan baik bahan bangunan yang hendak digunakan.

Pencahayaan yang cukup dan baik

Pencahayaan pada setiap rumah hingga setiap ruangannya merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena hal ini dapat mempengaruhi aktivitas yang akan berdampak pada kesehatan setiap penghuninya. Selain itu, pencahayaan alami juga dapat mengurangi kelembaban yang berlebihan hingga membunuh bakteri.

Sirkulasi udara yang baik

Jika rumah tidak memiliki sistem pengudaraan yang baik, kamu bisa saja menghirup udara sekaligus partikel ataupun zat yang sudah terkontaminasi. Sangat disarankan untuk merancang rumah dengan jumlah ventilasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan berikuang untuk hama

Rumah yang sehat juga pastinya terbebas dari gangguan hama. Pestisida pasti akan digunakan ketika hama seperti serangga menyerang. Namun, penggunaan pestisida pasti dapat menyisakan bahan kimia beracun di rumah. Mencegah pastinya lebih baik daripada mengobat. Maka dari itu, gunakanlah anti-rayap di setiap furnitur kayu yang ada di rumah.

Tambahkan taman di rumah

Kehadiran taman yang penuh dengan tanaman hijau pastinya akan dapat membantu untuk mengontrol sirkulasi udara dan juga membuat lingkungan rumah terasa lebih sejuk. Selain kegunaannya untuk memperbaiki udara, taman yang memiliki banyak tanaman hijau juga dapat mempercantik rumah.

Demikianlah sederet syarat-syarat yang dapat kamu terapkan untuk membuah rumah kamu menjadi hunian yang sehat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *