Keramik Dinoyo
image source: situs Indonesia Kaya

Mencari oleh oleh Malang berupa makanan bukan pekerjaan yang sulit. Cukup meluncur ke Jalan Soekarno Hatta di Lowokwaru atau sekitaran kawasan Blimbing, kamu sudah bisa “berwisata” buah tangan di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Apel ini. Pilihan kudapan ringan hingga sedikit berat pun ada banyak sekali, misalnya saja buah apel yang bisa kamu buat  Apple Pie sendiri di rumah. Tapi, apa saja pililhan suvenir kebendaan yang bisa kamu bawa pulang dari Malang?

Daftar Buah Tangan Khas Malang

Yuk, intip daftar buah tangan unik khas Malang yang bisa kamu beli untuk diri sendiri ataupun kerabat di kota asal serta di mana saja tempat membelinya!

Keramik Dinoyo

Dinoyo adalah nama sebuah kelurahan di Kecamatan Lowokwaru, bagian barat laut Kota Malang. Dulunya, seni keramik Kota Malang memiliki industri tunggal yang cukup kokoh. Sayang, pabrik industri ini harus runtuh. Saat itulah, masyarakat Kampung Dinoyo mulai membuat keramik sendiri; mula-mula untuk kebutuhan pribadi hingga menjadi produksi massal. Berbagai bentuk keramik mulai dari mug, vas, cangkir mini, teko lucu, hewan hiasan, dan lain sebagainya ini bisa kamu dapatkan di Kampung Dinoyo, tepatnya di Jalan MT Haryono.

Kaus-kaus

Buah tangan kebendaan lain yang bisa kamu bawa pulang adalah kaus-kaus bertuliskan aneka jargon maupun gambar-gambar landmark Kota Malang atau Batu. Keunikan dari kaus-kaus produksi industri rumahan di Malang adalah penggunaan bahasa wakilan atau kebalikan. Contoh sederhana dari bahasa wakilan yang pasti pernah kamu dengar adalah Ngalam yang artinya Malang—dibalik! Mau beli? Silakan kunjungi outlet kaus khas Malang di Jalan Kawi Atas No. 24, Gading Kasri, Klojen, ya!

Batik

Seperti beberapa daerah di Indonesia, Malang juga mempunyai motif batik tersendiri, meski tidak sepopuler Batik Jogja ataupun Solo. Batik dari Kota Malang dikenal dengan nama Batik Malangan. Kain gambaran ini memiliki ciri khas berupa warna-warna yang cerah serta motif yang menarik. Beberapa motif Batik Malangan yang paling laris adalah bunga teratai, Malang Kucecwara, dan celaket. Tertarik mau beli batik dari Malang? Singgah saja ke Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Samaan, Klojen yang merupakan sentral pembuatan Batik Malang.

Kerajinan bambu

Jika kamu mencari suvenir yang bisa dipajang di ruang tamu, maka kerajinan bambu merupakan pilihan tepat. Dengan model pahatan berupa tanaman bonsai, miniatur kapal pinisi, sampai hewan-hewan, karya seni buatan tangan ini bisa kamu bawa pulang untuk diri sendiri maupun kerabat. Yang menarik, kerajinan bambu buatan warga Malang berasal dari limbah bambu, lho. Jadi, selain membantu industri rumahan setempat, kamu juga sudah menyumbang untuk menyelamatkan Bumi! Mau beli? Kamu bisa datang ke Pasar Wonosari, ya.

Nah, itu dia daftar suvenir unik dari Malang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Sudah memutuskan pilihan mau beli yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *