saus black pepperTidak bisa dipungkiri bahwa banyak masakan yang menggunakan bumbu siram yang memiliki berbagai macam rasa. Salah satu bumbu yang paling sering digunakan adalah bumbu lada hitam. Stir fry sauce rasa bumbu lada hitam memang bumbu yang paling sering digunakan untuk berbagai masakan, mulai dari daging sapi, ayam hingga sayuran yang dihidangkan di restoran akan terasa lezat bila menggunakan jenis saus yang satu ini. Tidak hanya di restoran saja, kamu juga bisa membuat bumbu saus lada hitam di rumah untuk di siramkan di berbagai bahan makanan utama yang kamu sedang masak. Untuk mengetahui cara membuat bumbu saus lada hitam ala restoran maha, simak artikel ini lebih lanjut!

Tumis bawang bombay

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat saus lada hitam adalah menumis bawang bombay dengan margarin. Tumisan bawang bombay ini akan memberikan aroma yang sedap dan rasa manis yang gurih. Jika kamu ingin mengganti bawang bombay dengan bawang putih dan bawang merah, sebenarnya bisa saja namun hasilnya tidak akan segurih menggunakan bawang bombay.

Tambahkan paprika

Paprika yang memiliki aroma kuat ini akan sangat menggugah selera. Agar saus menjadi lebih lezat, tambahkan 1 buah paprika yang sudah dipotong dadu ke dalam tumisan. Paprika yang digunakan juga bisa paprika merah, kuning maupun hijau.

Buat saus

Setelah tumisan melayu, masukkanlah 1 sdm saus tiram, 200ml air kaldu, dan ½ sdt gula pasir. Aduklah seluruh bahan hingga tercampur merata di atas api kecil. Untuk air kaldu, kamu dapat menggunakan kaldu sapi, kaldu ayam maupun kaldu jamur.

Gunakan lada hitam butir

Kunci utama dari saus lada hitam yang nikmat di restoran dallah para juru masak yang menggunakan lada hitam butir yang segar lada hitam butir ini digerus tidak terlalu halus agar dapat mengeluarkan aroma dan rasa yang kuat.

Menggunakan tepung maizena

Untu membuat saus lada hitam menjadi kental, kamu harus menambahkan tepung maizena sebanyak 1 sdt yang sudah dilarutkan dalam 1 sdt air. Aduk saus hingga rata dan mengental. Jika masih terasa kurang kental, kamu dapat menambahkannya lagi.

Demikianlah cara-cara yang mudah yang dapat kamu lakukan untuk membuat saus lada ala restoran-restoran pada umumnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *