bintik hitam pada mukaBanyak orang yang mengeluhkan tentang bintik atau flek hitam di wajah tanpa tahu apa penyebabnya. Sementara, ada banyak jenis bintik hitam yang disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda. Ada bintik hitam yang disebabkan oleh sinar matahari, ada juga yang faktor bawaan lahir. Nah, jangan buru-buru untuk melakukan perawatan untuk menghilangkan flek di wajah sebelum mengetahui jenisnya. Sebab dengan mengetahui jenis-jenis bintik hitam terlebih dahulu, kamu bisa jadi lebih tahu mana perawatan yang paling tepat untuk mengatasinya. Yuk, cari tahu apa saja jenis-jenis bintik hitam yang umum timbul di wajah!

Bekas jerawat

Jerawat cenderung menyebabkan peradangan pada kulit. Ketika kulit meradang, maka kulit akan menghasilkan melanin tambahan. Produksi melanin ini dapat menimbulkan bintik hitam yang sering disebut sebagai bekas jerawat. Bekas jerawat seperti ini masih dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan rumahan seperti lemon, madu, baking soda, dan lain-lain.

Freckles

Nah, freckles merupakan jenis bintik hitam yang umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Freckles merupakan bintik yang biasanya berwarna coklat atau coklat kekuningan. Freckles kerap dimiliki oleh orang-orang Eropa – umumnya mereka yang memiliki warna rambut lebih terang cenderung memiliki lebih banyak freckles. Jika kamu memilikinya, kamu tidak perlu sibuk mengkhawatirkannya atau berusaha untuk menghilangkannya karena freckles tidak berbahaya dan justru berperan sebagai natural sunscreen atau pelindung kulit dari sinar UV. Lagipula, sekarang freckles justru digemari dan menjadi trend kecantikan.

Solar lentigo

Lentigo sebenarnya merupakan bagian dari freckles. Namun, Solar Lentigo ini adalah bintik hitam yang disebabkan oleh radiasi sinar UV dari matahari. Umumnya lentigo muncul pada orang yang berusia 40-an, tapi bukan tidak mungkin lentigo muncul pada orang-orang yang berusia muda. Jenis bintik hitam inilah yang kerap dikhawatirkan oleh banyak wanita. Meskipun agak sulit untuk dihilangkan, kamu bisa mencegahnya mulai dari sekarang. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan selalu lindungi kulitmu dari sinar UV dengan menggunakan sunscreen yang tepat.

Nah, itu dia tiga jenis bintik hitam yang kerap timbul di wajah. Semoga kini kamu jadi lebih tahu jenis bintik wajah apa yang muncul di kulitmu! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *