mobil
image source: website Auto Guide

Dulu banyak orang yang lebih memilih mobil dengan bahan bakar bensin dibandingkan dengan mobil diesel. Alasannya cukup beragam, salah satunya adalah faktor polusi udara yang dihasilkan. Sebab sebagian besar mobil diesel dianggap memiliki gas buang yang lebih berbau dan berjumlah lebih banyak dibanding mobil bensin, meskipun sudah menggunakan oli diesel terbaik maupun dilakukan perawatan rutin.

Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini mobil diesel mulai banyak mengalami perubahan. Bahkan banyak mobil keluaran baru saat ini yang merupakan mobil diesel. Nah, untuk kamu yang saat ini sedang berencana untuk membeli mobil baru dan sedang bingung memilih apakah harus memilih mobil bensin atau diesel, ketahui dulu perbedaannya berikut ini:

Bahan bakar

Dari bahan bakarnya, jelas saja mobil bensin dan diesel memiliki perbedaan. Mobil bensin menggunakan bahan bakar seperti premium, pertalite, dan pertamax, tergantung pada kadar oktan yang dibutuhkan oleh mobil. Sementara mobil diesel menggunakan solar sebagai bahan bakarnya. Perbedaan bahan bakar ini tidak hanya berpengaruh pada sistem kerja dari mobil saja, tetapi juga keamanannya. Sebab, sifat solar yang tidak mudah terbakar membuat mobil diesel diyakini lebih aman dari risiko mobil terbakar akibat adanya kebocoran saluran bahan bakar. Berbeda dengan bensin yang memiliki sifat mudah terbakar sehingga harus selalu dijaga agar kondisi saluran bahan bakar selalu bebas dari kemungkinan bocor.

Performa

Performa mesin diesel lebih unggul dibandingkan dengan mobil bensin karena memiliki torsi yang besar. Berbeda dengan mobil bensin yang umumnya memiliki performa lebih halus. Hal ini dipengaruhi oleh sistem pembakaran yang terjadi pada mesin. Untuk mobil bensin api yang digunakan pada sistem pembakaran berasal dari busi sementara mobil diesel menggunakan sistem kompresi mesin. Hal ini juga yang membuat mobil diesel lebih aman untuk dikendarai dalam kondisi banjir, selama tetap menjaga kecepatan dalam berkendara.

Perawatan

Pada dasarnya mobil bensin maupun mobil diesel memiliki beberapa perawatan umum yang sama. Namun, dengan kecanggihan teknologi yang digunakan pada mobil diesel saat ini, membuat perawatan mobil diesel keluaran sekarang lebih rumit dibandingkan dengan mobil bensin. Apalagi jika sampai terdapat masalah pada komponen mesinnya. Hal ini disebabkan karena rumitnya teknologi mesin diesel yang digunakan sehingga tidak bisa dilakukan perawatan secara asal-asalan.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas, mobil manakah yang menurut kamu paling sesuai untuk dipilih? Ingat, mobil bukanlah suatu barang dengan harga yang murah. Jadi pastikan kamu memikirkannya baik-baik sebelum mengambil keputusan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *