ruang kerja minimalis di rumahSaat ini, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan Online Assesment Indonesia ataupun jasa konsultan HR untuk membantunya menyortir calon karyawan yang melamar pekerjaan. Dengan menggunakan jasa konsultan teknologi tersebut memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan, misalnya menghemat banyak waktu dan biaya. Kandidat karyawan dapat mengerjakan assesment secara bersamaan dan perusahaan dapat segera melihat hasilnya dalam waktu singkat.

Setelah mendapatkan kandidat karyawan yang dibutuhkan berdasarkan hasil assesment ini, langkah selanjutnya bergantung pada kebijakan perusahaan. Namun apapun langkahnya, hasil akhirnya akan tetap ada pada keputusan HRD. Tentunya ada berbagai hal yang menjadi pertimbangan tim HRD dalam menerima dan menolak lamaran kerja seseorang.

Berikut ini, adalah beberapa alasan yang seringkali membuat tim HRD menolak lamaran pekerjaan calon karyawan, antara lain:

Surat lamaran

Surat lamaran akan menjadi hal pertama yang dijadikan pertimbangan oleh perusahaan. Saat ini, banyak sekali CV dan lamaran kerja yang sengaja dibuat dengan berbagai desain karena ingin terlihat beda dan menarik. Tidak masalah, tetapi pastikan informasi mengenai diri Anda tetap dapat dipahami dengan baik dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Sebab terkadang, ada beberapa yang terlalu fokus ingin membuat surat lamaran kerja dan CV terlihat menarik tetapi justru jadi tidak informatif.

Kemampuan calon karyawan

Perusahaan pasti akan mencari seorang karyawan dengan kemampuan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Namun, banyak pelamar pekerjaan yang berpikir bahwa semakin banyak dan tinggi kemampuan yang dimiliki, pasti perusahaan akan menerimanya bekerja. Padahal tidak semua perusahaan berpikir seperti itu. Ketika kemampuan yang dimiliki oleh seorang karyawan terlalu jauh melebihi standar yang dibutuhkan perusahaan, maka kemungkinan Anda diterima akan semakin kecil. Sebab, perusahaan akan merasa takut dengan beberapa hal, seperti:

  • Anda mengajukan gaji terlalu tinggi
  • Anda cepat bosan dengan pekerjaan sehingga cepat mengajukan resign (tingkat turnover tinggi)
  • Anda sulit diatur karena merasa memiliki kemampuan melebihi standar perusahaan

Perilaku

Punya kemampuan yang luar biasa akan percuma jika tidak didukung dengan perilaku yang baik. Ada banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam menilai perilaku Anda, antara lain:

  • Datang tepat waktu saat panggilan kerja
  • Sikap dan tata bahasa saat melakukan interview
  • Sosial Media

Gaji

Tawar menawar atau negosiasi gaji merupakan hal yang pasti dilakukan saat mencapai interview tahap akhir. Jika gaji yang Anda tawarkan terlalu tinggi melebihi kemampuan perusahaan, perusahaan akan berusaha untuk melakukan negosiasi agar menemui titik tengah. Namun jika Anda dan perusahaan tidak bisa mendapatkan titik tengah, maka kemungkinan besar perusahaan akan menolak lamaran Anda dan mencari kandidat lain yang sesuai dengan kemampuan perusahaan.

Beberapa hal di atas adalah penyebab umum perusahaan menolak lamaran seorang kandidat calon karyawan. Namun, mungkin saja perusahaan memiliki berbagai alasan lain. Bagaimanapun, cara terbaik adalah dengan berusaha sebaik-baiknya saat melakukan semua tahapan yang diberikan oleh perusahan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *