truk
image source: fuso

Tidak semua orang mampu mengemudikan truk. Sebab, mengemudi truk memang tidak semudah mengendarai mobil pribadi. Diperlukan pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk mengendarainya. Tipe kendaraan maupun barang yang diangkut pun memengaruhi cara mengendarai truk. Misalnya saja, cara mengendarai truk fuso yang membawa kayu berbeda dengan truk fuso yang membawa gas elpiji. Selain itu, banyak hal yang perlu diperhatikan agar tetap mengendarai truk dengan aman di jalan. Berikut inilah beberapa aturan yang tidak boleh diabaikan ketika hendak mengendarai truk.

Periksa kondisi truk sebelum berkendara

Sebelum mengendarai truk, Anda wajib memeriksa kondisinya terlebih dahulu. Beberapa bagian truk yang perlu diperiksa adalah mesin, level pendingin, transmisi, rem, termasuk hal-hal yang sepele tapi tetap penting seperti lampu sinyal, wiper kaca, dan lain-lain. Pengecekan ini wajib dilakukan sebelum berangkat, apalagi jika pengemudi akan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Lebih baik sedikit repot di awal daripada harus menanggung risiko akibat ada komponen truk yang bermasalah.

Lindungi muatan

Selain kondisi truk yang prima, pengemudi juga harus melindungi muatan yang dibawa dengan baik. Pastikan barang bawaan tidak akan terlepas dari truk. Jika perlu, gunakan pengikat, rantai atau kombinasi dari keduanya agar tetap aman. Jika barang tidak bisa terkena air, maka tutupilah dengan terpal supaya tidak basah saat cuaca hujan. Tentunya pengemudi tidak boleh lalai untuk melindungi muatan. Sebab, jika muatan terlepas dari truk, dikhawatirkan dapat mencelakai pengemudi lain.

Selalu waspada saat berkendara

Mengutamakan keselamatan sangat penting saat mengemudi truk. Karena itu, pengemudi harus mengenakan sabuk pengaman dengan kencang, selalu fokus pada jalanan sekitar, dan jangan menyetir jika mengantuk. Selain itu, truk juga membutuhkan jarak yang lebih jauh dari kendaraan lain supaya memiliki jarak yang cukup untuk mengerem sehingga dapat berhenti dengan aman. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan sinyal dengan menggunakan lampu saat ingin belok atau mundur.

Perhatikan kecepatan

Kecepatan mengendarai truk tentunya berbeda dengan mengendarai mobil pribadi. Selain untuk menjaga muatan truk, mengatur kecepatan juga diperlukan untuk menjaga keselamatan pengemudi truk dan pengemudi kendaraan lain di jalan.

Itulah beberapa aturan penting yang harus diperhatikan setiap pengemudi truk. Semoga bermanfaat, dan jika masih ada hal-hal lain yang penting untuk diperhatikan pengemudi truk, jangan ragu menuliskannya di kolom komentar! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *