mual
source: dunia mamy

Rasa mual saat hamil, bisa dibilang wajar karena hampir semua pernah mengalaminya.  Dan tidak sedikit ibu yang mencari cara mengatasi mual saat hamil baik ke dokter kandungan, bidan bahkan artike-artikel kehamilan.  Mual secara tidak langsung mendorong para ibu untuk lebih menjaga makanan yang dikonsumsi dan kesehatan tubuhnya.

Bagi kamu yang penasaran gimana cara agar mual berkurang selama hamil, berikut beberapa cara yang diambil dari web Hamil dan Alodokter:

  • Jangan langsung bangkit dari tempat tidur, berikan jeda waktu dan bangun secara perlahan. Jika mual gimana? Sebaiknya ibu mengkonsumsi biskuit atau cemilan sehat lainnya. Jika sudah agak reda, baru secara perlahan bangkit dari tempat tidur.
  • Makan dalam porsi kecil namun sering merupakan salah satu kunci menghindari mual yang parah dan asupan gizi tetap dipenuhi.  Dan disarankan di beberapa kali makan sisipkan makanan  karbohidrat  selain buah, biskuit dan sayur karena makanan karbohidrat jarang memicu mual.
  • Harus banyak istirahat di tempat yang sejuk dan minum yang cukup untuk memastikan tubuh tidak kekurangan cairan. Dan air putih merupakan minuman yang sangat disarankan. Jika merasa mual, boleh kok minum air putih yang hangat.
  • Hindari makanan yang baik rasa ataupun baunya dapat menambah rasa mual. Makanan seperti apa? Makanan yang lemaknya tinggi, berminyak dan pedas. Lah, kenapa padahalkan ini makanan yang paling banyak digemari? Karenan makanan-makanan ini dapat membuat asal lambung dan minyak yang tidak bisa diuraikan ini dapat membaut mual menjadi-jadi.
  • Hindari makanan yang bisa menimbulkan gas seperti pedas, kol, nangka, makanan fermentasi dan lainnya.
  • Kenakanan pakaian yang nyaman terutama pakaian yang tidak ketat di pinggang.
  • Konsumsi banyak buah terutama buah yang mengandung vitamin C. Jika merasa mual saat mengkonsumsi, coba konsumsi buah dalam keadaan dingin karena banyak yang bilang ini dapat menetralisir rasa mual.
  • Lakukan olahraga yang khusus disarankan untuk ibu hamil. Salah satunya adalah jalan-jalan santai pas pagi hari. Pas pagi, udara masih bersih sehingga tidak akan memicu rasa mual. Selain jalan pagi, ibu juga bisa melakukan yoga atau olahraga ringan lainnya.

Semoga tips-tips di atas membantu para bunda. Jika merasa mualnya udah parah, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter. Ingat!! Para calon papa, kesehatan bunda dan janin perlu diperhatikan yo –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *