fitur black modeFitur yang tertanam pada pesawat penerima gambar siaran—atau yang dikenal dengan nama televisi—sudah semakin canggih. Pasalnya, kini televisi tidak hanya dapat menerima gambar siaran dari parabola atau antena saja. Produsen televisi berbondong-bondong menciptakan produk yang dapat berfungsi sebagai TV kabel dan internet, yakni televisi yang dapat digunakan untuk mengakses internet dan siaran-siaran di acara dalam dunia maya.

Sedangkan pada telepon genggam, 2019 ini diwarnai dengan satu fitur baru dari pengembang Android maupun iOS, yakni dark mode atau dark theme. Dilansir dari CNET, Google selaku pemilik sistem Android meluncurkan mode gelap (dark mode) secara utuh dalam sistem Android 10 dan Apple sebagai pemilik sistem iOS merilis mode gelap melalui iOS 13, keduanya pada bulan September.

Mode gelap, diklaim Google, memiliki sejumlah manfaat baik untuk users atau penggunanya. Manfaat pertama adalah menghemat daya baterai, sebagaimana mode ini tidak menggunakan energi sebanyak mode terang (light mode), terlebih untuk layar telepon genggam OLED atau AMOLED. Manfaat kedua adalah mengurangi jumlah cahaya yang ditampilkan oleh layar telepon genggam, sehingga mengurangi ketegangan pada mata jika terlalu lama melihat layar handphone. Meski demikian, klaim kedua masih cukup diperdebatkan keabsahannya. Sebab, Silas Brown, salah satu ilmuwan komputer Universitas Cambridge, berpendapat bahwa terdapat bukti kontras bila seseorang membaca teks berukuran besar dengan latar gelap atau terang. Faktanya adalah teks besar dengan latar belakang terang lebih mudah dicerna dibanding dengan latar gelap.

Mode gelap pada kedua sistem operasi ini dapat ditemukan pada bagian Setting atau (pada beberapa manufaktur Android) di Quick Setting panel yang terdapat di bagian atas tampilan muka ponsel. Mode gelap pada Android dan iOS akan mengganti tampilan aplikasi-aplikasi bawaan kedua sistem pengembang tersebut, seperti perpesanan, kalender, catatan, dan aplikasi-aplikasi non-Android dan non-iOS seperti Instagram dan Facebook Messenger. Twitter dan YouTube juga bisa diakses dengan mode gelap, meski fitur ini sudah ada terlebih dahulu dari masing-masing aplikasi tersebut.

Demikianlah update tentang fitur terkini smartphone yang ramai diperbincangkan pengguna-penggunanya. Untuk memperluas pasar, Android bahkan menambahkan fitur mode gelap pada versi Android 9 atau Android Pie per awal Desember. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *