Memakai internet kantor untuk mencari berbagai situs di mesin pencari Google merupakan hal yang sudah tak asing lagi Anda lakukan. Biasanya Anda akan mencari berbagai informasi yang Anda butuhkan contohnya makanan & minuman, fashion, kecantikan, pengetahuan umum dan lain sebagainya. Anda pasti lupa dan hampir tidak pernah mencari berbagai festival yang ada di belahan dunia. Betul? Tahukah Anda, ternyata di setiap negara memiliki festival yang unik dan berbeda salah satu contohnya negara India. India dengan budayanya yang sangat kental memiliki berbagai festival yang patut Anda ketahui.

Berikut beberapa festival yang sering diadakan di India:

Festival Diwali

Festival DiwaliFestival Diwali merupakan festival yang paling terkenal di India. Festival Diwali adalah festival agama Hindu yang berarti “Festival Cahaya”. Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk. Perayaan ini terfokus pada lampu dan cahaya terutama pada lampu “diya” tradisional. Diwali dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalendar Hindu bulan “Ashwayuja”. Biasanya ini terjadi dalam bulan Oktober atau November, dan merupakan salah satu festival terpopular dan paling ditunggu-tunggu di India.

Festival Holi

Festival HoliFestival Holi atau Festival Warna adalah festival awal musim semi yang dirayakan di India, Nepal, Bangladesh dan lainnya. Festival Holi dirayakan pada akhir musim dingin ketika “phalgun purnima” bulan purnama terakhir pada bulan phalguna menurut kalender lunar, biasanya bertepatan pada akhir Februari atau awal Maret dan berlangsung selama 16 hari. Puncak perayaan Holi disebut Dhulheti, Dhulandi, atau Dhulendi. Pada hari itu, orang merayakan Holi dengan saling melemparkan bubuk berwarna-warni atau saling menyiramkan air berwarna-warni.

Ganesh Chaturthi
Ganesh Chaturthi

Festival Ganesh Chaturthi merupakan festival tahunan yang berlangsung selama sepuluh hari yang jatuh pada akhir bulan Agustus atau awal September di India. Festival ini diadakan untuk memuja dewa Ganesha. Saat ini orang-orang merayakan Festival Ganesh Chaturthi dengan semangat yang menyala, meskipun hal itu paling populer di negara bagian Maharashtra. Festival itu juga mendapat proporsi yang besar di Mumbai dan di sekitar kuil-kuil Astawinayaka.

Durga Puja

Durga PujaFestival Durga Puja merupakan festival tahunan terbesar di Asia Selatan untuk memuja dewi Durga dari agama Hindu. Durga Puja berlangsung selama enam hari. Festival Durga Puja juga merupakan peristiwa sosial-budaya yang paling signifikan dalam masyarakat Bengali. Popularitas Durga Puja semakin meningkat pada masa Kemaharajaan Britania di Bengali. Setelah reformis Hindu mengaitkan Durga dengan India, Durga telah menjadi simbol Gerakan Kemerdekaan India. Festival Durga Puja meliputi penyembahan dewa Siwa, Lakshmi, Ganesha, Saraswati dan Kartikeya. Tradisi modern ikut menambahkan pandal yang didekorasi dan berisi patung Durga.

Kalian sudah tahukan beberapa festival yang sering di adakan di India? Semoga Bermanfaat yaa! –Sh–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: