Tidak ada satu orang pun yang menginginkan wajah keriput seiring bertambahnya umur. Segala acara akan dilakukan banyak orang demi menjaga dan mempertahankan kecantikannya agar terlihat lebih muda. Tidak heran jika banyak yang rela merogoh koceknya demi pergi ke klinik kecantikan dan melakukan banyak bentuk perawatan mengencangkan kulit wajah agar terlihat lebih muda dari umur yang sebenarnya dimiliki.

Walaupun banyak yang mengatakan untuk melakukan cara alami terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang yang banyak demi melakukan perawatan, tetap saja penuaan dini selalu menjadi masalah. Namun, apakah kamu yakin kalau kamu sudah menghindari faktor-faktor penyebab penuaan dini? Simak artikel ini untuk memahami hal-hal yang harus kamu hindari demi memiliki kulit yang awet muda.

  1. Paparan Matahari

Seringnya terpapar matahari memang menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini. Seringnya kulit kamu terkena sinar matahari, bintik-bintik hitam akan muncul di sekitar permukaan kulit. Tidak hanya bintik hitam, kerutan dan menurunnya elastisitas kulit. Berdasarkan hasil penelitian, 70 persen proses penuaan dini ini sangat bergantung pada frekuensi kulit wajah yang terpapar sinar matahari. Maka dari itu, salah satu cara menghindarinya adalah dengan selalu mengaplikasikan tabir surya pada kulit setiap hendak keluar rumah. Gunakanlah tabir surya dengan kadar SPF minimal diatas 25.

  1. Rokok dan Alkohol

Banyak studi yang sudah membuktikan bahwa merokok juga dapat dikaitkan dengan penuaan dini yang mengakibatkan adanya kerutan di wajah. Sementara, kebiasaan minum alkohol juga dapat menyebabkan menyusutnya pembuluh darah mengurangkan aliran darah ke kulit. Hal ini akan menyebabkan kerutan pada kulit jauh sebelum kita benar-benar menua.

  1. Kurang Tidur

Kekurangan tidur juga merupakan salah satu faktor yang tanpa sengaja kamu sering lakukan. Kekurangan tidur dapat mengakibatkan hormon pertumbuhan yang dihasilkan kelenjar hipofisis di otak tidak bekerja sehingga kulit akan terlihat lebih kusam dan terkesan tua. Hormon tersebut seharusnya berguna untuk mengganti jaringan kulit saat kita sedang tertidur. Selain itu, kurang tidur juga akan menyebabkan masalah kulit wajah yang lainnya yaitu kantung mata hitam.

  1. Pola Makan

Pola makan juga merupakan faktor penting yang jangan sampai dilewatkan. Jika kamu sering makan makanan manis, kulit akan mendapatkan dampak negatifnya. Asupan gul yang terlalu banyak akan menyebabkan glikasi yang ada dalam darah merusak kolagen pada pembuluh darah sehingga memunculkan kerutan dan garis halus. Oleh karena itu, usahakan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang kayak akan vitamin C dan menghindari makanan cepat saji.

  1. Stres

Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan sehari-hari seperti bekerja dapat juga menyebabkan tekanan yang membuat kita stres. Stres itu sendiri dapat memicu produksi hormon adrenalin dan kortisol yang berperan pada proses penuaan dini. Jika kamu sering merasa tertekan dan stres, tentunya penuaan dini akan cepat terjadi. Maka dari itu, luangkanlah waktu untuk menyalurkan hobi atau sekedar berkumpul Bersama teman-teman.

Proses penuaan pada setiap orang memang tidak bisa dihindari, namun yang dapat kita lakukan adalah memiliki pola hidup yang baik agar tubuh tetap sehat sehingga kondisi kulit pun akan membaik dengan sendirinya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *