detox internetBaik paket internet rumah atau di tempat lainnya sekarang sudah mudah didapatkan. Bahkan sampai tempat terpencil sekali pun beberapa sudah ada yang menerima jaringan internet. Memang ada banyak hal menyenangkan yang bisa ditemukan di internet. Mulai dari informasi, berita, hiburan, komunikasi, dan lain-lain. Namun, terlalu sering menggunakan internet membuat banyak orang bergantung dengan teknologi digital dan terkadang hal ini justru membuat kualitas hidup menurun.

Sekarang bahkan muncul istiah detoks digital atau berhenti sejenak dari pemakaian teknologi dan lebih fokus ke kehidupan nyata seperti dulu. Namun di era digital sekarang yang semuanya serba melibatkan internet dan teknologi, detoks digital bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Lagipula, apa saja manfaat detoks digital dan apakah detoks tersebut memang perlu dilakukan?

Ternyata, detoks digital dapat membawa banyak manfaat dalam kehidupan termasuk membuka cara pandang seseorang. Beberapa orang termasuk selebriti pun pernah melakukan detoks digital dan merasakan manfaatnya. Berikut inilah beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah melakukan detoks digital:

  • Membuat pikiran terasa lebih segar

Sempat merasa suntuk akhir-akhir ini? Mungkin hal itu juga disebabkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan. Pasalnya, sinar biru dari monitor gadget dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang membiarkan tubuh untuk berisitirahat dan rileks. Karenanya, menjauhkan diri sejenak dari peralatan elektronik ini dapat membuat pikiran dan mental menjadi lebih sehat.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Dengan meninggalkan gadget sementara, maka Anda membiarkan tubuh untuk beristirahat dari sinar biru dan membantu tubuh untuk mendapatkan istirahat yang lebih berkualitas. Dilansi dari idntimes, sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang menggunakan smartphone sebelum tidur biasanya mengalami penurunan kualitas tidur.

  • Membuat tubuh lebih rileks

Selain secara psikis, detoks digital juga dapat membantu tubuh menjadi lebih santai dan rileks. Pasalnya, menggunakan gadget seperti smartphona atau laptop secara terus menerus dapat membuat otot leher dan pundak tegang sehingga terasa kaku dan nyeri. Dengan detoks digital, maka Anda akan memberikan rileksasi kepada tubuh dan membuat sistem saraf membaik.

  • Membuat Anda lebih peduli dengan lingkungan sekitar

Terakhir dan yang terpenting, detoks digital dapat membuat Anda lebih peka dan menyadari betapa berharganya untuk menikmati momen yang ada di sekitar secara langsung, bukan melalui internet. Dengan demikian, Anda dapat mengubah cara pandang dan menikmati momen yang ada di hadapan Anda.

Intinya, melakukan detoks digital merupakan hal yang penting dilakukan jika Anda memang sudah merasa jenuh dan mudah lelah akibat terlalu sering menggunakan gadget. Detoks digital pun tidak harus dilakukan selamanya. Ketika Anda sudah merasa cukup, Anda bisa kembali menggunakan perangkat elektronik dengan lebih bijak. (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *