Mencerahkan WajahSeiring pertambahan usia, organ tubuh terutama bagian kulit wajah dapat mengalami penuaan. Ada dua faktor yang dapat mempercepat proses penuaan seperti paparan sinar matahari serta pembentukan Advanced Glycation End Products (AGEs) dari pola makan. AGEs sendiri terbentuk akibat lemak dan protein yang bercampur dengan gula. Cara paling ampuh untuk mencegahnya adalah dengan mengatur pola makan dan selalu konsumsi makanan bergizi seimbang. Tidak lupa, proteksi juga diri dengan asuransi kesehatan keluarga murah agar semakin terlindungi. (lifestyle.kompas.com)

Selain itu, hindari juga beberapa makanan ini supaya penuaan bisa dicegah dengan baik. Apa saja makanannya?

  • Margarin

Melansir dari lifestyle.kompas.com, konsumsi margarin terlalu sering ternyata dapat mempercepat penuaan. Pasalnya, margarin mengandung minyak terhidrogenasi parsial dalam jumlah yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara terus menerus, maka membuat kulit lebih rentan terhadap paparan radiasi ultraviolet sehingga dapat merusak kolagen dan elastisitasnya. 

Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsinya dan jika mau jangan konsumsi margarinnya. 

  • Roti Tawar Putih

Roti tawar yang berwarna putih memang seringkali dijadikan sebagai makanan untuk sarapan pagi. Namun, tahukah Anda, mengonsumsi roti tawar putih terlalu banyak juga tidak baik karena dapat menyebabkan penyakit kronis hingga mempercepat proses penuaan. Ini karena roti tawar putih mengandung indeks glikemik yang sangat tinggi sehingga dapat mengakibatkan peradangan pada tubuh penyebab penuaan.

Oleh karena itu, mulailah untuk mengurangi konsumsi agar kulit tidak mengalami penuaan. 

  • Kopi

Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar tentu tidak akan memberikan dampak apa-apa pada tubuh. Tapi, jika sudah berlebihan, malah tidak baik dan bisa menyebabkan penuaan. Kok, bisa? Ya, ini terjadi karena kafein pada kopi yang jumlahnya terlalu tinggi dapat membuat Anda sulit untuk tertidur bahkan tidak tidur sampai pagi. 

Apabila sudah begini tentu akan memberikan dampak buruk pada kulit Anda misalnya saja muncul keriput, mata menjadi hitam, dan lain sebagainya. 

Selain ketiga makanan di atas, masih banyak loh makanan lainnya yang dapat mempercepat proses penuaan seperti soda, kue manis, minyak yang dipanaskan dalam suhu tinggi, alkohol, dan sebagainya.

Yuk, mulai kurangi konsumsi makanannya atau kalau bisa dihindari agar kulit Anda tetap kencang dan terlihat awet muda.

Selain menghindari konsumsi makanan-makanan yang sudah dituliskan di atas, untuk mencegah penuaan, Anda sebaiknya mulai meninggalkan gaya hidup tidak sehat yang diadopsi selama ini seperti begadang, misalnya. Pasalnya, begadang dapat mempercepat penuaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *