bau ikan
image source: kompas

Memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh merupakan salah satu alasan mengapa kita disarankan untuk rutin mengonsumsi ikan. Apalagi untuk mendapatkannya saat ini terbilang mudah. Kamu bisa membelinya langsung ke pasar, atau melalui startup perikanan.

Namun, ada satu masalah yang membuat banyak orang enggan mengonsumsi ikan, yaitu rasa amis yang sangat mengganggu. Meskipun ikan air tawar memiliki bau amis yang cenderung lebih lembut, tetapi tetap saja aroma amis tersebut ada.

Nah, untuk kamu yang menolak ikan karena alasan tersebut, ada kok beberapa cara mengatasinya, berikut ini di antaranya:

  • Jahe

Selain dapat memberi aroma dan rasa yang khas, jahe juga berperan aktif untuk menyamarkan bau amis pada makanan. Baik itu ikan, daging, dan sebagainya. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan memarut jahe menggunakan parutan kelapa dan kemudian balurkan pada seluruh bagian daging kemudian bilas bersih.

Jika ikan tersebut kamu olah dengan merendamnya pada bumbu tertentu, maka kamu juga bisa memasukkan jahe ke dalam bumbu tersebut dan merendamnya bersamaan. Namun yang perlu diingat, semakin banyak jahe yang kamu gunakan maka rasa jahe akan semakin kuat.

  • Jeruk

Ada dua jenis jeruk yang umum digunakan untuk menghilangkan amis pada ikan, yaitu jeruk nipis dan juga jeruk lemon. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan melumuri daging ikan dengan air perasan jeruk.

Aroma khas jeruk yang kuat akan menghilangkan bau amis pada ikan. Sementara asam dari jeruk dapat bermanfaat sebagai pengawet daging karena membunuh bakteri sehingga mencegah pembusukkan. Namun sama seperti jahe, ketika kamu menggunakan jeruk ini secara berlebihan atau merendamnya terlalu lama mungkin akan menyebabkan daging ikan menjadi agak asam.

  • Daun Jeruk

Selain air perasannya, daun jeruk juga memiliki fungsi sebagai penghilang amis pada ikan. Namun prosesnya agak sedikit lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan air perasannya.

Kamu harus merebus daun jeruk tidak sampai mendidih terlebih dahulu dan menggunakan air rebusannya tersebut untuk mencuci ikan. Jangan lupa juga masukkan daun jeruk pada bumbu masakkan sehingga lebih ampuh. Keuntungan menggunakan daun jeruk adalah rasanya yang tidak begitu kuat sehingga tidak merusak raasa asli daging ikan.

  • Nanas

Nanas dikenal sebagai penghilang amis pada daging, terutama untuk daging kambing yang memiliki aroma khas. Namun, buah ini juga bisa loh digunakan untuk menghilangkan amis pada ikan.

Caranya yaitu dengan menghaluskannya dan kemudian melumurinya ke seluruh bagian ikan. Agar makanan terasa lebih segar, terutama untuk olahan rebusan atau berkuah, maka kamu juga bisa menambah potongan nanas.

Tidak sulit kan menghilangkan amis pada ikan? Jadi jangan jadikan amis sebagai alasan kamu tidak mau mengonsumsi ikan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *