biji labu kuning
image source: YouTube

Selain bisa dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kolak, biji buah labu kuning ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, layaknya obat herbal daya tahan tubuh yang ampuh menangkal penyakit berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Di dalam biji labu kuning sendiri tersimpan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh misalnya seperti kalsium, antioksidan, lemak baik, fiber, mangan, vitamin B12 karbohidrat, zat besi, vitamin K, asam folat, protein, tembaga, dan sebagainya.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di bagian pertamanya, maka di bagian ini kami akan melanjutkan kembali beberapa manfaat yang diberikan oleh biji labu kuning ini untuk tubuh. Cek, yuk!

  • Sistem pencernaan menjadi lancar. Anda susah buang air besar? Maka, sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi biji buah labu kuning yang sudah diolah terlebih dahulu. Biji buah labu kuning sendiri kaya akan kandungan fiber yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Bagusnya khasiat yang diberikan oleh biji labu ini, untuk itu tidak heran jika banyak yang mengonsumsinya saat mengalmi sembelit ataupun untuk kesehatan.
  • Kualitas tidur semakin meningkat. Apakah Anda termasuk orang yang susah tidur? Cobalah untuk memakan biji labu kuning. Mengapa? Yap, ini disebabkan biji labu kuning dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak karena mengandung senyawa tryptophan. Nah, agar hasil yang diberikan maksimal, maka ada baiknya konsumsilah biji labu kuning sekitar 200 gram.
  • Membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka menjadikan biji labu kuning sebagai menu makanan sehat sangat dianjurkan untuk Anda. Mengapa harus biji labu kuning? Yup, hal ini karena biji labu mengandung lemak baik yang bisa membantu menurunkan berat badan, sama halnya dengan kacang almond.
  • Kadar gula darah di tubuh menjadi turun. Menurut sebuah studi, mengungkapkan jika biji labu kuning dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 karena mengandung magnesium yang cukup tinggi. Tingginya kandungan magnesium pada biji labu ini dapat memberikan efek yang positif pada tubuh, sehingga tidak mengherankan dapat menurunkan gula darah tersebut. Meskipun demikian, masih tetap diperlukan penelitian untuk meyakinkan pernyataan yang diberikan ini.

Itu beberapa khasiat yang diberikan oleh biji labu kuning untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *