biji labu kuning
image source: YouTube

Labu merupakan sejenis buah yang bisa dimakan langsung ataupun dibuat dalam bentuk kolak. Bagian terenak pada buah labu yang acapkali dikonsumsi ini adalah daging buahnya yang terasa sangat manis dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya daging buahnya, biji buah yang terdapat di dalam labu ini ternyata juga sangat berkhasiat untuk kesehatan, layaknya ekstrak jinten hitam.

Meskipun masih sangat jarang diketahui oleh khalayak umum, akan tetapi dengan rutin mengonsumsi biji buah labu ini maka Anda akan merasakan sejumlah manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut: (dikutip melalui blog vemale.com)

  • jinten hitam
    image source: herbana

    Tulang menjadi lebih sehat. Rutinlah mengonsumsi biji buah labu, sebab di dalam biji labu tersimpan kandungan kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu, kandungan kalsium juga bermanfaat untuk mengatasi agar tubuh tidak diserang penyakit Osteoporosis (pengeroposan tulang). Untuk itulah, sangat disarankan bagi Anda selalu mengonsumsi biji dari buah labu ini.

  • Kolesterol jahat di tubuh bisa diturunkan. Siapa yang bisa menduga, biji buah labu pun ternyata sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan tubuh. Hal ini karena biji labu mengandung lemak baik sehingga meski dikonsumsi dalam jumlah banyak pun tidak akan meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.
  • Kesehatan jantung semakin meningkat. Di dalam biji labu tersimpan kandungan magnesium, antioksidan, zinc, lemak baik, asam nitrat sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Menurut sebuah studi, asam nitrat yang terdapat pada biji labu ini bisa melancarkan peredaran darah dan menurunkan risiko munculnya plak pada bagian arteri.
  • Ampuh menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Biji buah labu kaya akan kandungan antioksidan sehingga ampuh menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, entah itu kuman maupun bakteri. Selain itu, kandungan antioksidan pada biji labu ini juga berkhasiat untuk mengurangi peradangan yang muncul pada tubuh.

Mengingat biji labu sangat bermanfaat untuk tubuh, masih tidak mau mengonsumsinya? Eits, jangan beranjak dulu, sebab masih banyak loh khasiat lain yang diberikan oleh biji buah labu ini untuk tubuh. Langsung disimak di bagian kedua, ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *