motor matic
image source: Automotive – IDN Times

Sekarang ini lebih banyak pembeli yang lebih memilih motor matic ketimbang motor bebek. Tak heran, motor matic memang terkenal lebih praktis dan nyaman dibandingkan dengan motor bebek, sehingga tidak membutuhkan banyak persiapan sebelum berkendara untuk perempuan maupun laki-laki. Namun sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli motor matic, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting. Mulai dari daftar harga oli motor matic, harga spare part motor matic, hingga kelebihan dan kekurangannya. Nah, pada artikel ini, kita akan fokus membahas soal kelebihan dan kekurangan motor matic yang bisa menjadi referensi Anda.

Kelebihan Motor Matic

  • Transmisi otomatis. Ini adalah salah satu kelebihan motor matic yang paling utama. Dengan transmisi otomatis, mengendarai motor menjadi lebih praktis dan menghemat energi pengendara karena tidak perlu repot-repot untuk memindahkan gigi.
  • Bisa membawa banyak barang. Kebanyakan motor matic didesain untuk menampung banyak barang bawaan. Bahkan ada beberapa motor matic yang menonjolkan fitur bagasi yang luas sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika membawa banyak bawaan setelah pergi berbelanja
  • Cocok untuk wanita. Bodi motor matic didesain khusus untuk kenyamanan para pengemudinya. Yup, motor matic cenderung memiliki wheelbase yang lebih pendek dan ukuran yang lebih lebar sehingga nyaman untuk digunakan, khususnya untuk para wanita.
  • Model lebih trendy. Dari segi modelnya, bodi motor matic terlihat lebih trendy dan stylish. Beberapa brand pun bersaing untuk menciptakan berbagai model, mulai dari yang simpel hingga bold.
  • Kekurangan Motor Matic
  • Usia mesin cenderung lebih pendek. Karena menggunakan transmisi yang lebih rumit, motor matic lebih berisiko untuk mengalami kegagalan sistem. Dibandingkan motor manual, umur motor matic cenderung lebih pendek.
  • Kurang baik melalui jalanan yang jelek. Untuk permukaan jalan yang jelek, motor matic kurang nyaman digunakan karena diameter roda yang kecil.
  • BBM lebih boros. Meskipun lebih praktis dan nyaman, bensin motor matic cenderung lebih boros dibandingkan dengan motor bebek.
  • Biaya perawatannya mahal. Tak hanya harga belinya, biaya perawatan motor matic biasanya lebih mahal karena cukup rumit.

Itu dia kelebihan dan kekurangan motor matic secara singkat. Bagaimana menurut Anda? (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *