Aqua Water Research Training CenterSemenjak dini, anak-anak harus dibekali tentang pengetahuan soal pentingnya air dan merawat lingkungan. Namun terkadang tak mudah mengingatkan anak-anak tentang menghemat air dan menjaga lingkungan. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengedukasi anak dengan cara yang menyenangkan di Tempat Berlibur Anak di Jakarta, KidZania.

Untuk mengedukasi anak-anak, Aqua Grup bekerja sama dengan KidZania dan meyediakan establishment bernama Aqua Water Research Training Center. Meskipun kedengaran seperti establishment yang serius karena menggunakan “research training”, tetapi establishment ini sama menyenangkannya dengan establishment lain, seperti establishment yang mengajak anak menjadi arkeolog dan paleontolog di Kidzania. Sebab, dalam establishment ini anak-anak akan belajar lebih banyak tentang air dan lingkungan dengan cara yang menyenangkan. Bagaimana tidak, di establishment ini anak-anak akan berperan menjadi seorang Hydro-geolog dan bisa merasakan langsung bagaimana mencari sumber mata air yang baik dan berkualitas. Setelah itu, mereka akan melakukan penelitian, baru kemudian memprosesnya menjadi minuman kemasan.

Di sisi lain, anak-anak juga dapat mengenal lebih dalam tetang Hidrogeologi, yakni cabang ilmu pengetahuan dari hidrologi yang mempelajari penyebaran dan pergerakan air tanah dalam bumi dan batuan di kerak bumi.

Bukan hanya sekedar mengambil  sumber daya alam berupa air, anak-anak juga diajarkan untuk tetap merawat lingkungan dengan menanam pohon dan membuat lubang biopori. Lubang biopori merupakan lubang resapan yang dapat mendatangkan banyak manfaat bagi lingkungan. Manfaat lubang biopori di antaranya adalah; meningkatkan daya resapan air, mengubah sampah organik mejadi kompos, dan mengurangi genangan air yang memungkinkan timbulnya penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

Saat menjalankan tugas sebagai hydro-geolog, anak-anak dapat belajar bertanggung jawab sebagai peneliti. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar berkomitmen untuk menghasilkan produk minuman yang berkualitas. Tak lupa juga, integritas juga dibutuhkan dalam pencarian dan penelitian sumber air. Jadi, kegiatan establishment ini bukan hanya menyenangkan tapi juga sangat bermanfaat bagi anak-anak usia dini.

Mereka juga bisa belajar berpikir kritis saat mengambil tindakan dan mennetukan lokasi yang tepat dari sumber mata air, berkomunikasi dengan orang lain, dan berkolaborasi dengan sesama temannya yang juga berperan menjadi hydro-geolog.

Setelah menjalani aktivitas ini, diharapkan anak-anak bisa jadi lebih mengerti betapa pentingnya sumber air bagi kehidupan dan menjadi bijak dalam menggunakan air sehari-hari. (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *