barang di rumahApakah Anda yakin semua produk perlengkapan rumah yang Anda miliki aman bagi lingkungan? Nyatanya, ada banyak peralatan rumah yang ternyata dapat mengancam lingkungan dan kesehatan manusia karena dapat menghasilkan limbah B3. Apakah limbah B3? Istilah ini diberikan untuk limbah yang menyimpan bahan beracun dan berbahaya. Jadi, limbah B3 bukan hanya kegiatan industri saja yang bisa menghasilkan limbah seperti ini, tetapi kegiatan rumah tangga juga bisa menghasilkan limbah B3. Apa saja perabotan dan barang-barang rumah yang berbahaya bagi lingkungan? Simak daftarnya di bawah ini!

  • Hairspray

Sering menata rambut dengan hairspray? Hairspray memang dapat menjaga tampilan rambut tetap rapi dalam waktu yang lebih lama, tetapi hairspray mengandung beberapa kandungan kimia berbahaya seperti; polyvinylpyrrolidone, polymer calledpolydimethylsiloxane,  pytocalciousyang dapat membahayakan kesehatan. Sementara, kandungan Chloro Fluoro Carbon (CFC) dapat meningkatkan pemanasan global dan efek rumah kaca.

  • Baterai bekas

Batu baterai bekas juga dapat merusak lingkungan karena mengandung logam berat seperti mangan, timbal, kadmium, nikel, lithium, dan merkuri. Selain berbahaya bagi lingkungan, zat kimia ini juga berbahaya bagi kesehatan manusia jika tidak diolah dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuang baterai seperti baterai AA, AAA, C&D, baterai jam tangan, dan baterai barang elektronik pada tempat pembuangan khusus yang sudah dipilah, sehingga lebih mudah diolah.

  • Pembersih lantai

Kini beberapa orang sudah mulai menggunakan pembersih lantai organik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Mengapa demikian? Pembersih lantai ternyata mengandung zat kimia yang berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit sensitif. Kandungan zat berbahaya ini menimbulkan bau yang menyengat pada pembersih lantai.

  • Perabotan plastik

Baik dari peralatan makan, peralatan dapur, dan peralatan sehari-hari, hampir semua peralatan  yang terbuat dari plastik dapat mengancam lingkungan. Apalagi jika peralatan tersebut hanya sekali pakai. Jika dibuang dan tidak dikelola dengan baik, limbah plastik dapat mengancam kehidupan lingkungan, termasuk laut kita. Oleh sebab itu, kurangi penggunaan plastik semaksimal mungkin.

Itu dia peralatan rumah tangga yang dapat berdampak buruk pada lingkungan. Untuk itu, berhentilah menggunakannya dan cari alternatif lain untuk menggantinya! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *