kue keringUntuk membuat kue kering lezat nan renyah, tentu ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan. Bahan-bahan ini merupakan sesuatu yang esensial dan harus selalu ada dalam kue kering. Lantas, apa saja sih yang harus Anda persiapkan jika ingin membuat kue kering versi Anda? Berikut beberapa bahan esensial yang bisa Anda beli di toko bahan kue terdekat. Coba cek, ya!

  • Tepung. Bahan pertama yang harus ada dan dipersiapkan adalah tepung terigu. Biasanya, tepung yang digunakan adalah tepung terigu berprotein rendah. Hal ini disebabkan karena tepung terigu berprotein rendah memiliki daya serap air dan gula yang rendah sehingga adonannya tidak lunak, renyah, dan kuenya menjadi tahan lama. Selain kue kering, tepung terigu berprotein rendah biasa digunakan untuk membuat biskuit, bakpia, kraker, dan masih banyak lagi.
  • Telur. Setelah tepung terigu, bahan berikutnya yang selalu ada untuk membuat adonan kue kering adalah telur. Fungsi dari telur adalah untuk merekatkan, memberi rasa gurih, serta menambahkan kandungan nutrisi dalam kue kering Anda. Jumlah telur yang ditambahkan dalam adonan beraneka ragam, sesuai dengan jenis kuenya. Untuk beberapa kue kering, kuning telur juga sangat dibutuhkan untuk menjadi olesan di atas kue.
  • Mentega dan margarin. Jika telur berfungsi sebagai perekat, maka mentega dan margarin bertugas untuk membuat adonan terasa lembut serta tidak pecah saat diuleni. Tidak hanya itu, keduanya juga bertugas untuk menambah aroma kue kering agar terasa lebih nikmat begitu dikeluarkan dari oven.
  • Buah-buahan kering. Untuk menambahkan rasa pada adonan, Anda bisa menambahkan buah kering ke dalamnya. Beberapa buah-buahan kering yang biasa ditambahkan ke dalam adonan kue adalah kismis, sukade, atau bahkan potongan kurma.
  • Pengembang. Tambahkan sedikit pengembang pada adonan kue untuk membuatnya terlihat menarik. Tidak perlu banyak-banyak karena menambah pengembang secara berlebihan ke dalam adonan akan membuat kue kering Anda cepat gosong.

Itu dia beberapa bahan utama yang biasa ditambahkan ke dalam kue kering. Anda juga bisa memvariasikan adonannya dengan menambahkan keju agar lebih gurih, atau bahkan kacang untuk menambah tekstur kue. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *