tetangga rumahMemiliki rumah pribadi memang keinginan banyak orang. Namun, tak semua orang punya privilese untuk mewujudkan hal ini. Sebagai gantinya, orang-orang dapat menyewa atau mengontrak kediaman orang lain untuk dijadikan tempat tinggalnya. Mengontrak rumah juga tidak membutuhkan pengeluaran seperti biaya perawatan dan, pembayaran pajak. Di sisi lain, rumah kontrakan tidak bisa dipasang media tambahan seperti CCTV tanpa kabel murah tanpa seizin pemilik properti.

Lalu, bagaimana cara menjaga keamanan rumah kontrakan bila situasi tak memungkinkan Anda memasang kamera pengawas? Simak kiat-kiatnya berikut!

  • Kunci ganda pintu, jendela, pagar

Semua orang tahu bahwa pintu, jendela, maupun pagar wajib dikunci—bagaimana pun keadaan tempat tinggal seseorang. Namun, mengancingnya dengan kunci saja tidaklah cukup. Apalagi untuk Anda yang tidak bisa memasang kamera CCTV di rumah kontrakan. Jadi, tindakan pencegahan terhadap kejahatan yang dapat Anda usahakan adalah dengan memberi kunci ganda pada jalur keluar masuk ini. Nah, kunci ganda untuk pintu, jendela, dan pagar ini dapat berupa gerendel. Harganya yang murah dan dapat dilepas dan dipasang dengan mudah membuat genderel memiliki keunggulan tersendiri.

  • Tetangga adalah kunci

Cara kedua untuk mencegah tindak kejahatan terjadi di rumah kontrakan adalah dengan mengenali tetangga sekitar rumah dengan baik. Yap, bisa dikatakan, tetangga (apalagi yang tepat berada di kiri, kanan, atau depan rumah Anda) dapat menjadi pengaman terbaik untuk rumah Anda.

Ambil contoh bila Anda sedang tidak di rumah dan pencuri yang mendatangi ataupun tampak mengincar rumah Anda. Rencana penjahat tersebut tentu akan berjalan mulus. Namun, hal ini tidak akan terjadi apabila Anda memiliki hubungan baik dengan tetangga. Sebab, mereka bisa mencengah pencuri tersebut memasuki rumah Anda, entah dengan menghampiri langsung atau menghubungi pihak keamanan tempat tinggal. Tentu, Anda pun bisa melakukan hal yang sama bila kejadian tak diharapkan tersebut terjadi di rumah tetangga Anda.

Salah satu poin penting yang perlu dipertimbangkan saat hendak menyewa rumah adalah lingkungan sekitar. Selain bagaimana bagusnya tingkat keamanan di sekitar, kultur bertetangga juga perlu Anda perhatikan supaya dapat menghindarkan Anda dari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan.

Itulah dia beberapa kiat menjaga keamanan rumah kontrakan. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *