tamanKalau Anda malas mengurus dokumen penting seperti paspor, visa dan asuransi perjalanan luar negeri, mengapa tidak mengeksplore wisata dalam negeri terlebih dahulu saja? Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Di setiap kota, Anda akan menemukan daya tarik alam yang berbeda-beda. Supaya lebih seru lagi, sebaiknya kamu kunjungi beberapa cagar alam terindah berikut ini!

  • Cagar Alam Tanjung Puting

Tanjung Puting merupakan taman nasional di Kalimantan Tengah yang sudah ditetapkan oleh Unesco sebagai cagar biosfer pula. Wilayah konservasinya memiliki luas sekitar 300 ribu hektar. Sangat luas, bukan? Di sini Anda bisa melihat banyak orang utan yang menjadi objek konservasi. Untuk Anda yang ingin melihat rehabilitasi orang utan secara lebih dekat, berkunjunglah ke Camp Leakey.

  • Cagar Alam Waigeo Barat

Raja Ampat, Papua memiliki cagar alam Waigeo Barat yang bisa dikunjungi para pecinta alam. Cagar alam ini terdiri atas beberapa pulau, yakni: Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Missol. Di sini Anda akan dibuat takjub dengan panorama yang indah dan beragam flora serta fauna yang eksotis dan penuh warna.

  • Cagar Alam Krakatau Lampung

Apa kedua cagar alam di atas masih terlalu jauh dari ibukota? Tenang saja, masih ada cagar alam yang lebih dekat yang terletak di Selat Sunda. Jika Anda tinggal di Jakarta, jarak tempuhnya tentu tak sejauh cagar alam Tanjung Putting dan Waigeo Barat. Di sini Anda akan menemukan berbagai tumbuhan hijau eksotis dan melihat keindahan anak gunung krakatau yang terbentuk dari letusan gunung masa lalu.

  • Cagar Alam Kawah Ijen

Mungkin belum banyak yang tahu, ternyata sisa dari luas Kawah Ijen yang meliputi 93 hektar digunakan sebagai cagar alam. Di sana terdapat beberapa elang Jawa dan beberapa tanaman langka yang dilindungi.

  • Cagar Alam Maninjau Utara-Selatan

Cagar alam ini adalah kebanggan dari Pulau Sumatera. Meskipun sulit untuk ditemukan, di cagar alam ini terdapat kemungkinan untuk bertemu hewan-hewan langka seperti harimau, tapir, trenggiling, rangkong, dan lain-lain. Selain itu, danau yang terletak di sini, yaitu Danau Maninjau, juga menjadi daya tarik.

Saat berkunjung ke cagar alam yang indah ini, jangan lupa untuk menaati peraturan yang ada dan pastikan Anda sudah cukup berpengalaman untuk menjelajahi alam, ya! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *