sayuran penuh serat
image source: lifebru

Kita selalu tahu bahwa serat merupakan sesuatu yang harus kita konsumsi agar tubuh tetap prima dan sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Hanya saja, kita tidak pernah tahu apakah tubuh kita sudah cukup serat atau belum. Bagaimanakah cara mengetahui jika tubuh kekurangan serat? Nah, sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, coba dulu cermati tanda-tanda di bawah ini:

  • Jarang buang air besar. Nah, coba deh mulai perhatikan frekuensi buang air besar kalian selama seminggu. Seberapa sering sih kalian pergi ke toilet untuk BAB? Kalau hampir setiap hari kalian BAB, maka kalian tak perlu khawatir karena itu artinya sistem pencernaan kalian berjalan lancar dan kalian tidak kekurangan serat. Akan tetapi, kalau kalian BAB kurang dari tiga kali selama seminggu, nah maka kalian perlu khawatir nih. Sebab itu artinya kalian kekurangan serat sehingga pencernaan kalian terganggu.
  • Selalu merasa lapar. Kalian sering merasa lapar tidak setiap harinya? Terus menerus ingin memakan sesuatu padahal baru saja selesai makan? Nah, bisa jadi itu karena kalian kekurangan serat. Serat memiliki karakteristik yang sulit dicerna sehingga kalian akan merasa kenyang lebih lama. Kalau kalian ingin terus makan meski baru selesai mengonsumsi sesuatu, bisa jadi itu karena tubuh kalian kekurangan serat.
  • Timbangan terus bergerak ke arah kanan. Masih berhubungan dengan poin di atas, mengingat kalian selalu merasa lapar, maka kalian akan terus melarikan diri ke camilan dan mengonsumsi makanan-makanan lain untuk memuaskan perut kalian. Yang tidak kalian sadari adalah kebiasaan tersebut malah berdampak pada berat badan kalian. Berat badan akan terus bertambah karena kita tidak mengerem makanan yang masuk ke dalam perut. Padahal masalah utama yang kalian hadapi adalah kurang serat.
  • Gula darah tidak stabil. Salah satu fungsi serat adalah menghambat penyerapan gula. Nah, kalau tubuh kurang serat, maka kadar gula darah kita pun menjadi tidak stabil. Jika kondisi ini terus dibiarkan jangan heran deh jika berikutnya kalian akan terserang diabetes.

Tanda-tanda di atas merupakan sesuatu yang harus diperhatikan untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan serat atau tidak. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *