Asuransi KerugianSaat ini, kebakaran marak sekali terjadi di berbagai kawasan yang bahkan sebelumnya dinilai aman, maka buatlah perlindungan pada harta dan benda Anda selalu dan ubahlah kerugian menjadi sebuah jaminan dengan asuransi kebakaran. Asuransi kebakaran rumah merupakan suatu bentuk asuransi yang menjamin kerugian dan kerusakan akibat terjadi kebakaran atau risiko perluasannya yang menimpa objek pertanggungan.

Di asuransi kebakaran ada beberapa risiko yang dapat dijamin yaitu:

  • pertama polis standar asuransi kebakaran menjamin risiko-risiko kebakaran, peledakan petir, kejatuhan pesawat terbang, asap.
  • Kedua, Anda juga dapat meminta perluasan jaminan berupa kerusuhan, pemogokan, tertabrak kendaraan dll.

Benda yang dapat menjadi objek asuransi kebakaran dapat berupa benda tetap seperti bangunan, pabrik, benda bergerak berupa perlengkapan kantor dan isi rumah. Sementara yang dapat mempengaruhi premi yaitu luas jaminan yang diinginkan, penggunaan bangunan, lingkungan sekitar, catatan pengalaman kerugian yang pernah terjadi. Kemudian, dalam hal objek asuransi kebakaran, setiap benda objek kebakaran harus jelas dimana dan berbatasan dengan apa benda objek tersebut.

Jika berbatasan dengan gedung-gedung, seperti apakah pengaruhnya terhadap asuransi ini?

Jika benda objek asuransi kebakaran itu adalah benda bergerak, maka perlu dijelaskan juga mengenai letak dan perbatasan gedung dan tempat tersimpan atau tertimbun benda bergerak tersebut. Benda objek asuransi kebakaran harus dijelaskan dipakai dan digunakan untuk apa objek tersebut. Pemerintah mengatur pasal 293 KUH Dagang mengenai syarat penggunaan atau pemakaian ini ada hubungannya dengan syarat perubahan tujuan pengunaan yang merupakan pemberatan risiko. Akibatnya, jika terjadi kebakaran yang menimbulkan kerugian, maka pihak penanggung tidak memiliki kewajiban untuk membayar ganti kerugian.

Pada pengaturan asuransi kebakaran, perusahaan asuransi juga akan menolak untuk menanggung risiko yang dimiliki tertanggung dengan tidak mencairkan dana klaim. Hal ini dapat terjadi karena banyak sebab, salah satunya dikarenakan kurang disiplinnya Anda dalam membayar premi secara rutin. Pembayaran premi yang lewat jatuh tempo dapat menyebabkan Anda mengalami kerugian di kemudian hari karena klaim tidak dapat diambil. Inilah mengapa menjadi pribadi yang disiplin itu perlu, dan Anda juga harus siap mengcover biaya premi setiap bulannya. Namun demikian, asuransi kebakaran memiliki andil serta jaminan penting bagi kehidupan Anda. (Raer).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *