Tidak ada seorang pun yang ingin kehilangan kopernya. Siapa sih orang yang ingin menemukan fakta bahwa kopernya dicuri orang begitu keluar dari pesawat? Tidak ada, bukan? Namun demikian kehilangan koper bukanlah sesuatu yang tidak mungkin terjadi meski Anda sudah mendaftar pada asuransi travel online sebagai jaminan proteksi. Bahaya kehilangan koper masih mengancam di setiap sudut dan adalah tugas Anda untuk memastikan bahwa koper Anda masih ada begitu tiba di tujuan. Apalagi kehilangan koper ini juga bisa terjadi pada siapapun, termasuk juga lansia. Itulah sebabnya penting juga bagi lansia menggunakan asuransi perjalanan saat bepergian.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk menghindari kehilangan koper ketika berlibur? Simak dalam artikel berikut ini!

  • jaga koper saat liburanBeri ciri khas pada koper. Di tengah puluhan atau ratusan koper yang ada, tentunya akan sulit untuk mengenali koper milik Anda, terlebih jika koper yang digunakan memiliki warna umum yang banyak digunakan. Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko koper tertukar atau sengaja terbawa oleh seseorang, usahakan agar koper Anda memiliki ciri khas tersendiri. Bisa berupa tulisan nama dengan spidol terang, mengikatnya dengan pita, atau memberi gantungan tas berupa doodle atau foto diri Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengenali koper Anda dari jauh.
  • Periksa label bagasi. Ketika check-in dan hendak menyimpan koper di bagasi, Anda akan diberikan label bagasi yang menunjukan nomor penerbangan serta tujuan Anda. Jangan langsung terima begitu saja. Cek dulu label bagasi yang Anda terima apakah sudah sesuai dengan nomor penerbangan dan juga tujuan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kemungkinan koper Anda tersasar ke bagasi lain.
  • Simpan nomor kontak perusahaan penerbangan. Untuk berjaga-jaga, Anda wajib untuk menyimpan nomor kontak perusahaan penerbangan jika nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dengan menyimpan nomor telepon maskapai, Anda akan menghemat waktu lebih cepat untuk menghubungi mereka.
  • Langsung datang ke bagian Lost & Found. Begitu menemukan fakta bahwa koper Anda menghilang, segera datang ke bagian Lost & Found untuk melaporkan kehilangan Anda. Bersamaan dengan hal itu, Anda juga bisa menelepon langsung ke perusahaan penerbangan untuk melaporkan kehilangan Anda. Dengan begitu, komplain Anda tentang kehilangan koper ini bisa dengan cepat diketahui oleh pihak bandara dan maskapai.
  • Pisahkan dokumen penting dan barang berharga. Jangan pernah menyimpan dokumen-dokumen penting serta barang berharga Anda di dalam koper. Selalu pisahkan dokumen dan barang berharga tersebut dalam tas kecil atau tas jinjing yang tidak pernah lepas dari Anda. Hal ini akan sangat membantu sekali jika koper Anda menghilang dan Anda tidak akan kehilangan semuanya karena berkas penting dan barang berharga masih ada bersama Anda.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa membantu Anda untuk menghindari kehilangan koper ketika liburan. Semoga bisa membantu, ya! (Tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *