pasca operasi lutut
image source: situs healthline

Pasca operasi lutut, tentu ada berbagai aktivitas yang perlu Anda lakukan untuk menunjang proses pemulihan agar bisa kembali beraktivitas seperti semula. Tempat operasi lutut Jakarta yang menangani Anda mungkin juga menyarankan beberapa hal. Pasalnya, setelah operasi, otot kaki memang akan melemah karena Anda tidak terlalu sering menggunakannya. Diperlukan penguatan otot kaki agar pemulihan berlangsung secara optimal.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan agar Anda bisa cepat pulih setelah operasi lutut? Berikut daftarnya:

  1. Jalani terapi. Setelah operasi, dokter biasanya akan membuatkan jadwal terapi untuk dijalani. Terapi ini memang cukup panjang dan melelahkan, sehingga tak sedikit yang berhenti di tengah jalan karena terbentur rasa malas. Nah, jangan biarkan hal ini terjadi, ya. Tetap rutin jalani terapi dengan dokter atau terapis Anda karena hal ini sangat bermanfaat untuk menguatkan kaki Anda.
  2. Jaga makan. Nafsu makan yang cenderung berkurang pasca operasi memang membuat Anda menjadi malas makan. Akan tetapi, jangan dituruti keinginan malas makan ini. Tetap jaga pola makan, terutama untuk makanan yang mengandung zat besi seperti daging atau bahkan telur. Hindari juga makanan tak sehat seperti junkfood atau yang mengandung gula berlebih.
  3. Jangan memaksakan diri. Keinginan untuk cepat pulih memang bagus karena bisa memotivasi Anda untuk lebih bersemangat dalam menjalani hari. Hanya saja, jangan sampai motivasi ini justru membuat Anda memaksa tubuh untuk bergerak lebih dari kapasitasnya. Anda bisa memulainya secara bertahap, ingatlah bahwa kesembuhan adalah sebuah proses yang perlu Anda jalani satu persatu. Bisa dimulai dari menggerakkan kaki, kemudian mencoba berdiri, melangkah sedikit demi sedikit, dan masih banyak lagi. Intinya, jangan sampai memaksakan diri, ya.
  4. Tetap jalani olahraga ringan. Terakhir, selain menjalani terapi, menjaga makan, dan tetap mengetahui kapasitas diri, jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga ringan di rumah, ya. Hal ini dimaksudkan untuk membantu memperkuat lutut serta otot kaki Anda. Jenis olahraga yang bisa dilakukan mungkin boleh didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa disesuaikan dengan kondisi lutut atau kaki Anda. Sementara, hindari aktivitas yang memberi penekanan lebih pada kaki seperti jogging atau basket.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa cepat pulih setelah menjalani operasi lutut. Ingat selalu untuk memerhatikan kondisi tubuh serta jangan malu meminta bantuan jika memang membutuhkan, ya.

Nah, supaya tidak bosan saat menjalani pemulihan, Anda bisa nih membaca informasi mengenai macam-macam kelainan tulang belakang yang banyak diderita orang-orang. Seperti diketahui, kelainan tulang belakang atau spinal disorder sendiri merupakan kondisi yang memengaruhi kelengkungan atau posisi susunan tulang belakang seseorang.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh cedera, yang dapat menimbulkan rasa nyeri hingga membatasi mobilitas tubuh. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *