Bekerja di rumah atau sistem kerja Work From Home (WFH) sudah berjalan beberapa bulan semenjak pandemi Covid 19 mulai mewabah di seluruh dunia. Beberapa dari kita mungkin sudah mulai merasa bosan karena terlalu lama menjalankan rutinitas work from home. Namun di sisi lain, kita masih harus mematuhi kebijakan yang sudah ditetapkan untuk mencegah penyebaran virus.

Tips Mengatasi Rasa Bosan Ketika Bekerja di Rumah
Gambar: Doc. Freepik

Untuk mengatasi rasa bosan selama bekerja di rumah, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Kira-kira apa saja ya ? Berikut informasinya untuk Anda.

1. Mendengarkan musik

Ketika bekerja di rumah, Anda bisa dengan bebas mendengarkan berbagai genre musik yang Anda suka. Tidak akan rekan kerja yang akan terganggu dengan musik yang Anda dengarkan. Oleh karena itulah, Anda tidak perlu lagu untuk memutar playlist favorite yang Anda suka untuk menemani Anda di rumah.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, musik dapat memengaruhi mood seseorang. Musik juga dapat membantu mengurangi stres ketika bekerja. Oleh karena itu, coba dengarkan musik dengan nuansa ceria agar Anda dapat bekerja dengan suasana yang lebih menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mendengarkan musik klasik untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus saat bekerja.

2. Mengubah dekor ruang kerja di rumah

Beberapa orang mempunyai sudut favorit untuk bekerja. Untuk menghilangkan rasa bosan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan ruang lain atau mungkin mendekor ulang ruang kerja tersebut.

Mengubah dekor ruang kerja di rumah
Gambar: Doc. The Floor Gallery

Anda bisa mengganti wallpaper, menambahkan furniture, menggunakan karpet lembut, atau hiasan dinding agar Anda bisa merasa betah dengan ruangan tersebut. Jangan lupa juga untuk memperhatikan ventilasi yang baik serta pencahayaan yang cukup di ruang kerja Anda.

Selain itu, perlu dipastikan bahwa ruang kerja yang Anda pilih nyaman untuk digunakan bekerja, tidak berisik, serta memiliki koneksi internet yang kuat. Koneksi internet yang buruk dapat menghambat pekerjaan Anda sehingga Anda perlu menghindarinya.

3. Jangan lupa untuk beristirahat

Meskipun saat Work From Home, jam kerja Anda menjadi lebih fleksibel, namun Anda tidak boleh mengabaikan kesehatan Anda. Ketika jam istirahat tiba, sebaiknya Anda memanfaatkannya untuk beristirahat dan rehat dari tugas-tugas harian Anda.

Manfaatkan jam istirahat Anda untuk tidur, bermain dengan hewan peliharaan, menonton acara TV yang Anda sukai, atau yang lain. Hal ini dapat mebuat pikiran lebih fresh dan terhindar dari rasa bosan.

4. Gunakan aplikasi kerja remote

aplikasi kerja remote
Gambar: Doc. Logique Digital Indonesia

Ketika bekerja di rumah, perusahan dapat memfasilitasi karyawannya menggunakan aplikasi kerja remote. Seperti aplikasi chatting, meeting, project management, time tracking, atau yang lain. Dengan aplikasi tersebut masing-masing karyawan dapat saling berinteraksi dengan rekan kerjanya yang lain. Hal ini dapat membuat Anda tidak merasa bekerja sendirian. Selain itu, aplikasi kerja remote juga dapat membantu Anda untuk tetap produktif sehingga membawa pengaruh postif untuk perusahaan dan Anda sendiri.

5. Berolahraga

Agar badan dan pikiran Anda tetap fresh, ada baiknya jika Anda menyisihkan sedikit waktu untuk berolahraga. Selama Work From Home, Anda memiliki lebih banyak waktu karena tidak lagi perlu menghabiskan banyak waktu untuk perjalanan ke kantor. Sebagai gantinya, Anda dapat memanfaatkan waktu luang tersebut untuk berolahraga. Anda dapat memilih yoga, pilates, aerobik, atau olahraga lain untuk melatih kebugaran jasmani Anda.

Itu dia 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa bosan selama Work From Home. Dengan terhindar dari rasa bosan, Anda bisa menjadi lebih produktif saat bekerja di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *