perawatan mobil
image source: Bankrate

Mobil boros bahan bakar pastilah terasa memberatkan karena Anda harus menyiapkan budget lebih untuk biaya operasional keseharian. Itulah sebabnya, ketika mulai merasakan penggunaan bahan bakarnya tidak normal, pemilik mobil biasanya akan langsung membawa kendaraannya tersebut ke bengkel rekanan Asuransi Mobil miliknya.

Memang, membawa mobil ke bengkel bisa langsung menyelesaikan permasalahan ini. Namun, ada baiknya jika Anda tetap mengetahui beberapa penyebab yang membuat mobil boros bahan bakar. Siapa tahu, Anda bisa mengatasinya sendiri sehingga tidak perlu repot pergi ke bengkel. Lalu, apa sajakah penyebabnya? Berikut ini adalah 5 di antaranya:

  • Filter udara kotor

Ketika komponen ini kotor, maka akan menghambat aliran udara yang akhirnya akan berpengaruh pada performa mobil. Sebab, udara merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pembakaran. Ketika komponen ini kotor dan udara yang masuk ke ruang pembakaran tidak cukup, maka akan membuat banyak BBM yang tidak terbakar sehingga menguap melalui knalpot.

  • Busi terlalu rapat atau renggang

Kerapatan pada sumbu busi dengan kepala busi harus berada di antara 0,8 mm – 1 mm. Ketika jaraknya berada di luar angka tersebut, akan menyebabkan gangguan pada sistem pengapian yang menyebabkan proses pembakaran tidak berjalan sempurna. Akibatnya, BBM tidak terbakar sempurna dan menguap. Tidak hanya itu, masalah ini juga bisa menyebabkan munculnya kerak pada ruang bakar.

  • Fungsi karburator rusak

Karburator yang rusak akan menyebabkan terganggunya aliran BBM menuju ruang pembakaran. Aliran ini menjadi tidak stabil, terkadang akan mengalir dalam jumlah banyak atau bahkan sedikit sekali. Untuk masalah ini, hanya bisa diatasi dengan cara melakukan penyetelan ulang.

  • Tekanan udara pada ban tidak sesuai

Tekanan udara pada ban sangat mempengaruhi tarikan mobil. Ketika tekanannya terlalu sedikit, akan membuat tarikan mobil terasa semakin berat sehingga membuat bahan bakar lebih boros. Ada baiknya jika setiap kali Anda bepergian, Anda menyesuaikan ukuran tekanan ban dengan bobot kendaraan saat itu. Dengan begitu, tarikan mobil akan terasa ringan, hemat bahan bakar, dan tentunya lebih aman.

  • Usia

Ini adalah masalah yang dialami oleh hampir seluruh mobil berusia tua, apalagi jika perawatan mobil tidak pernah diperhatikan sejak awal. Untuk masalah ini, cara yang bisa Anda lakukan adalah mengganti beberapa komponen yang berusia sudah cukup tua dengan komponen baru. Setidaknya, cara ini akan membantu agar penggunaan BBM mobil Anda tidak terlalu boros.

Masalah borosnya bahan bakar mobil bukanlah sesuatu yang harus Anda pusingkan. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda akan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *