Artikel 5 makanan super dan sehat untuk bayi [part 1] lebih membahas makanan bayi yang mudah dibuat dalam kurung waktu yang sangat singkat, ini akan berbeda dengan artikel part 2 ini. Berdasarkan informasi yang bisa didapat dari forum ibu hamil, masih banyak jenis makanan bayi yang baik dan sehat.

Daging

dagingBanyak orang yang tidak pernah menyangka bahwa daging termasuk dalam kategori makanan bayi dan paradigm ini yang perlu diubah. Daging sudah bisa dikonsumsi setelah bayi memiliki gigi pada bagian atas dan bawah mulutnya. Daging merupakan sumber zat zinc dan besi.  Daging terbagi lagi menjadi 2 yaitu daging merah (sapi) dan daging putih (ayam).

Cara penyajian:

  • Daging ayam: pilih bagian paha karena bagian paha lebih lembut. Daging paha bisa ditumis, digoreng atau direbus.
  • Daging sapi: Agar lebih lembut, daging sapi bisa direndam dengan buah nanas untuk 20-30 detik. Jika potongan daging tebal, perlu waktu yang lebih lama. Kemudian daging sapi bisa dibuat menjadi sup atau stew.

Daging memang pada awalnya sudah manis sehingga tidak perlu banyak bumbu, cukup sedikit garam.

Sayuran Hijau

Sayuran dengan daun hijau seperti bayam mengandung banyak zat besi, folat, vitamin, kalsium dan antioksidan.

Cara penyajian: rebus sayur sebentar kemudian diblander berbarengan dengan buah (seperti alpukat, pisang, jeruk dan lainnya) dan sajikan.

Telur

kuning telurPilih telur kampung / organic agar lebih sehat dan aman. Telur mengandung banyak nutrisi seperti omega 3, vitamin, zat besi, protein, DHA dan lainnya yang baik untuk pertumbuhan otak bayi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Cara penyajian:

  • Rebus telur hingga matang. Setelah matang, kupas dan pisahkan telur kuning dan putih. Ambil telur kuning lalu haluskan. Kemudian dicampur dengan sedikit asi (bisa diganti dengan susu formula cair, yogurt atau air) agar makanan tidak terlalu seret. Setalah tercampur dengan rata, sajikan.
  • Pisahkan dari awal telur kuning dan putihnya. Campur telur kuning dengan potongan sayur yang sudah lembut atau susu hingga rata. Kemudian panaskan wajan dan masukan mentega. Setelah mentega cair, tuangkan campuran telur kuning. Goreng hingga matang dan sajikan.

Ubi Jalar

ubi jalarUbi jalar kaya akan phyto-nutrients, vitamin A dan C. Ubi jalar memang manis sehingga tidak perlu menambahkan gula atau bumbu apapun.

Cara penyajian: rebus atau bakar ubi jalar hingga lembut. Haluskan ubi jalar dan campur dengan asi atau susu formula cair. Jika anak sudah lebih gede, ubi jalar hanya tinggal dilembutkan tanpa perlu dicampur.

Yogurt

Yogurt merupakan makanan fermentasi yang dapat meningkatan daya tahan tubuh dan pencernaan. Yogurt merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang membantu perkembangan tulang dan gigi.

Cara penyajian: yogurt bisa disajikan begitu saja. Namun untuk lebih sehat lagi, yogurt bisa dicampurkan dengan potongan buah atau jus.

Memang beberapa bahan di atas membutuhkan waktu untuk persiapannya, namun tidak ada salahnya menyisihkan waktu untuk menyiapkan makanan sehat dan terbaik untuk buah hati. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *