Slice of life adalah salah satu genre dalam karya seni. Dalam dunia teater, slice of life mengacu pada konsep naturalisme. Sedangkan dalam bahasa sastra, genre ini merupakan teknik naratif yang memperlihatkan urutan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari karakter yang cenderung ‘tenang’ (tanpa ada konflik-konflik wah) dan punya akhir yang terbuka.

Cara penyajian drama slice of life yang cukup membumi buat genre ini cukup laris di kalangan penonton drama Korea. Tak heran jika banyak K-drama dari genre ini yang berhasil memenangkan penghargaan. Beberapa drama slice of life yang patut kamu tonton adalah sebagai berikut:

Reply Serie

film korea replyReply Series merupakan trilogi “Reply”—Reply 1997, 1994, dan 1988—yang menceritakan tentang kehidupan tokoh-tokoh mudanya di tahun 1997, 1994, dan 1998. Konsep time traveling merupakan cara Reply Series mengisahkan kehidupan setiap karakternya. Dengan karakter-karakter berusia remaja (SMA dan kuliah), tiap kisah Reply meninggalkan pesan cukup mendalam bagi tiap penonton setianya. Keunikan Reply Series adalah “hunting husband” atau mencari siapa suami si karakter utama wanita. Meski begitu, kehangatan antara sesama teman pun hubungan orang tua dan anak menjadi daya tarik Reply Series. Reply 1988 memenangkan kategori “Best Director” dalam pagelaran BaekSang Arts Awards (2016).

Fight My Way

film fight for my wayDrama ini menceritakan kehidupan Choi Aera dan Go Dongman di pertengahan usia 20-an. Kedua orang ini sudah berteman sejak kecil dan sama-sama tumbuh dalam lingkungan finansial yang biasa-biasa saja. Jatuh-bangun dan keputusasaan kedua orang ini, serta dua teman mereka yang lain, dalam menghadapi masalah-masalah di usia pertengahan dua puluhan merupakan plot yang dikisahkan oleh drama ini. Tujuh kategori diboyong drama ini dalam penghargaan 2017 KBS Drama Awards.

My Mister

film My MisterDengan tone gelap dan pace yang cukup lamban, My Mister mengisahkan kehidupan dua pekerja sebuah perkantoran konstruksi yang memiliki beban hidup cukup berat. Lee Jian adalah seorang pegawai kontrak berusia 20 tahun yang terlilit utang pada rentenir dan Park Donghun adalah seorang manajer berusia 40 tahun yang terlilit sandwich generation. Kedua karyawan ini ‘berpapasan’ karena suatu paket rahasia yang dikirimkan orang tak dikenal untuk Donghun. Karena paket rahasia ini pulalah keduanya berinteraksi dan saling membantu satu sama lain. Drama ini berhasil membawa 2 piala dari BaekSang Arts Awards (2019).

Itu dia 3 drama slice of life yang perlu kamu coba untuk tonton. Semoga info di atas berguna, ya! (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *