National Geographic (NatGeo) sebetulnya merupakan jaringan televisi berbayar milik Amerika Serikat yang berfokus untuk menayangkan program-program non-fiksi tentang alam, sains, budaya, sejarah, juga program hiburan realitas dan pseudo-ilmiah. Dengan format dokumenter, siaran ini acap kali menawarkan tayangan-tayangan yang menggugah pengetahuan penonton. Salah satu informasi bagus yang diberikan NatGeo adalah daftar tujuan wisata terbaik di seluruh dunia pascapandemi nanti. Kira-kira mana sajakah tujuan wisata terbaik di Asia yang sudah dipilihkan NatGeo?

Gyeongju, Korea Selatan

Gyeongju
image source: traveloka

Satu alasan utama yang menjadikan Gyeongju sebagai tujuan wisata terbaik versi NatGeo adalah kehadiran sejumlah situs arkeologi yang menakjubkan. Eksistensi situs-situs bersejarah tersebut bahkan berhasil membuat kota di tenggara semenanjung Korea ini masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kota Gyeongju punya banyak julukan. Ada Kota Budaya Korea Asia Timur 2021, ada juga “museum tanpa dinding”. Kedua nama lain ini pun datang dari harta karun berupa reruntuhan kuil dan istana, pagoda batu, pahatan batu, patung Buddha abad kedelapan yang luar biasa, sampai sekitar 150 gundukan pemakaman para bangsawan Silla—sebuah Kerajaan Korea Kuno di 57 M sampai 935 SM—yang dimilikinya.

Tak sampai di situ, Gyeoungju juga ternyata menyimpan harta karun lain berupa emas, perak, perunggu, perhiasan, dan artefak berkulaian yang ditemukan di sekitar makam para bangsawan itu. Barang-barang ini sekarang dipajang di Museum Nasional Gyeongju sebagai bagian dari pameran “Silla the Kingdom of Gold”.

Tonglu, Tiongkok

tonglu
image source: tripadvisor

Kota Tonglu di pegunungan sebelah timur Provinsi Zhejiang, 270 kilometer barat daya Shanghai, adalah salah satu wilayah penting bagi seniman—terutama pelukis dan penulis. Alasannya tidak lain karena kota ini merupakan sumber inspirasi bagi banyak seniman Tiongkok dari berbagai generasi.

Pelukis Huang Gongwang, salah satu dari 4 Master pada Dinasti Yuan, pernah mengasing dan mendiami Tonglu, tepatnya di sepanjang Sungai Fuchun, selama 3 tahun sebelum menyelesaikan mahakarya gulungan tangan bernama “Dwelling in the Fuchun Mountains” yang memiliki panjang lebih dari 6 meter.

Di tahun 2021, kota ini menjadi salah satu tujuan terbaik versi NatGeo lantaran ia menjadi rumah dari instalasi seni modern di ladang juga sepanjang sungai yang ada di sana. Bagi pencinta dunia seni lukis, kesempatan emas ini tentu sayang sekali untuk dilewatkan.

Itulah dia dua tujuan wisata terbaik di Asia versi NatGeo. Kota manakah yang menjadi pilihanmu? (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *