doodles Zaha Hadid
sourceL google doodles

Internet sudah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar. Paket internet rumah pun menjadi salah satu produk yang laris manis dibandingkan paket internet lainnya. Dan percaya atau tidak kebanyakan orang Indonesia pasti akan membuka Google setiap kali melakukan akses internet. Jika kamu salah satu yang membuka Google hari ini (31 Mei), maka kamu akan menemukan adanya doodles baru.

Doodles hari ini dibuat menghormati Zaha Hadid, seorang wanita kelahiran Irak tahun 1950 yang beragama islam dan berhasil menjadi seorang arsitek di London. Zaha Hadid menjadi wanita pertama yang memenangkan Pritzker Architecture Prize pada tanggal 31 Mei 2004. Jadi tidak heran jika Hari ini Doogle menampilkan Hadid sebagai hari peringatkan dia menerima hadiah Architecture Prize.

Hadid juga wanita pertama yang menerima penghargaan Royal Gold Medal dari Royal Institute of British Architects.  Tentu saja penghargaan yang diterima Hadid tidak berhenti, karena dia juga mendapatkan penghargaan Stirling dan Dame Commander of the Order of the British Empire. Jadi bisa dibilang Hadid merupakan arsitek yang istimewa.

Apa yang istimewa dari karya arsitek seorang Zaha Hadid? Sebelum ada komputer yang bisa membantu proses desain dengan lebih mudah, studio Hadid menggunakan mesin fotokopi dengan sangat kreatif untuk menciptakan desain arsitek baru dengan mengeksplorasi bentuk, fungsi dan menyatu dengan lingkungan sekitar bangunan. Salah satu contoh nyata desain Hadid yang keluar dari zona nyaman desain modern adalah The Riverside Museum yang dapat ditemukan di kota Glasgow, Skotlandia.

riverside museum
source: Domusweb

The Riverside Museum merupakan museum transportasi yang dibangun di dekat sungai Clyden ini memiliki atap zig-zag yang tampak menyatu dengan aliran sungai Clyden. Desan zig-zag ini tidak hanya dapat ditemukan pada atap gedung tetapi juga dapat ditemukan dibagian dalam gedung. Museum ini tidak hanya memiliki ruang pameran yang besar namun juga dilengkapi dengan ruang pendidikan, retail dan kafe untuk memastikan para pengunjung bisa belajar serta bersantai.

Tentu selain museum ini, karya Hadid masih banyak dan unik. Berikut ini daftar beberapa karya Hadid:

  • Vitra Fire Station, Jerman
  • Ordrupgaard Extension, Kopenhagen
  • Phaeno Science Centre, Wolfsburg
  • Guangzhou Opera House, Guangzhou
  • Hungerburgbahn, Innsbruck
  • Heydar Aliyev Center, Azerbaijan
  • MAXXI National Museum of the 21st Century Arts
  • Dongdaemun Design Plaza, Seoul
  • Pierresvives, Montpellier
  • London Aquatic Centre

Wah, sesosok wanita yang luar biasa. Jadi disini kita bisa belajar untuk tidak menyerah dan terus berkarya walaupun dibidang yang kita tekunin tidak banyak atau malahan tidak ada tenaga wanitanya karena bisa jadi kamu menjadi pelopor atau wanita pertama yang berhasil meraih posisi terbaik. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: