Banyak yang mengatakan bahwa semakin tua umur sebuah wine, maka semakin nikmat pula  cita rasanya. Tidak heran jika para penikmat minuman yang satu ini rela menyimpan wine favoritnya dalam waktu lama, atau membeli wine berusia puluhan tahun demi mendapatkan cita rasa terbaik. Bagi yang sudah biasa jual minuman alkohol, menyimpan wine agar kualitasnya tetap terjaga mungkin bukan perkara sulit. Namun, hal ini mungkin sedikit membingungkan bagi kamu yang belum pernah melakukannya. Lalu, bagaimana cara menyimpan wine yang baik dan tidak merusak cita rasanya? Simak langkah-langkahnya berikut ini, yuk!

  1. simpan wineHal pertama yang wajib kamu lakukan sebelum menyimpan wine adalah memastikan bahwa botol masih tersegel dengan baik. Jika botol atau segel rusak, kualitas wine tentu akan tetap rusak bagaimanapun cara kamu menyimpannya.
  2. Letakkan wine dalam posisi horizontal atau tertidur. Posisi ini, akan menjaga agar gabus penutup botol wine tetap berada dalam kondisi basah. Jika mengering, gabus tersebut akan menyusut sehingga dapat membuat udara masuk ke dalam botol dan merusak kualitas wine.
  3. Simpan wine di tempat yang memiliki temperatur sejuk, yaitu sekitar 18 derajat Celcius. Untuk menjaga agar temperaturnya tetap stabil, kamu disarankan untuk menyiapkan ruangan yang memang khusus diperuntukkan sebagai tempat penyimpanan wine.
  4. Selain menjaga temperatur ruangan, simpan juga wine di tempat yang gelap dan tidak terkena cahaya langsung. Pasalnya, paparan cahaya dapat merusak kualitas dan cita rasa wine saat diminum nanti.
  5. Hindari meletakkan wine di tempat dengan bau yang menyengat, misalnya dapur atau tempat penyimpanan makanan. Meskipun botolnya tidak rusak dan masih tersegel dengan baik, bau menyengat bukan tidak mungkin dapat memengaruhi kualitas wine yang kamu simpan.
  6. Terakhir, pegang dan pindahkan wine secara hati-hati agar tidak terguncang. Pasalnya, guncangan dapat membuat wine terkocok dan merusak kualitasnya.

Bagaimana? Ternyata menyimpan wine tidak sesulit yang kamu bayangkan, bukan? Dengan cara penyimpanan yang tepat, kamu pun bisa menikmati wine favorit dengan cita rasa yang maksimal. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: