Yuk, Buat Perencanaan Keuangan Demi Masa Depan

reksa danaBagi Anda yang bertindak sebagai kepala keluarga, membuat perencanaan keuangan bukanlah hal yang bisa diabaikan. Sebab hal ini akan bisa menjadi penentu masa depan keluarga Anda. Bahkan meskipun Anda sudah berencana untuk menggunakan investasi reksa dana syariah untuk masa depan Anda dan keluarga sekalipun, memiliki perencanaan keuangan yang tepat tetap hal yang penting. Dengan membuat perencanaan keuangan, maka ketika pensiun tiba Anda tidak perlu panik.

Mungkin beberapa dari Anda masih belum memahami, apa itu perencanaan keuangan? Sehingga seringkali mengabaikannya. Perencanaan keuangan adalah sebuah rencana keuangan yang dimiliki oleh seseorang dalam rangka mencapai tujuan finansialnya. Nah, jika melihat dari penjelasan tersebut, artinya Anda harus memiliki tujuan finansial terlebih dahulu sebelum membuat perencanaan keuangan ini.

Lalu, apa sajakah tujuan finansial yang dimaksud? Tentunya sangat beragam dan bisa saja berbeda pada setiap orang. Misalnya jika Anda belum menikah, Anda memiliki keinginan untuk memiliki rumah dan mobil sebelum menikah. Sehingga Anda bisa dikatakan telah mapan saat menikah nanti. Atau, Anda memiliki impian untuk pergi Haji (untuk muslim) atau mengunjungi suatu negara tertentu yang menjadi impian Anda. Bagi Anda yang sudah menikah, mungkin bisa menjadikan pendidikan anak sebagai tujuan finansial Anda.

Nah, setelah Anda menentukan tujuan finansial, langkah selanjutnya adalah tentukan jangka waktu. Mungkin Anda tidak bisa benar-benar memastikan waktu tujuan tersebut akan tercapai. Namun setidaknya, Anda memiliki target maksimal kapan akan mencapai tujuan finansial tersebut, kan? Anda bisa menggunakan waktu maksimal tersebut sebagai batas jangka waktu.

Selain tujuan finansial dan batas waktu, ada hal yang tidak boleh terlupakan saat membuat perencanaan keuangan ini, yaitu sumber penghasilan. Yap, tanpa adanya penghasilan Anda tidak akan pernah bisa membuat perencanaan keuangan. Sebab Anda harus mempertimbangkan total penghasilan Anda per bulan saat awal membuat tujuan finansial dan batas waktu. Pastikan bahwa perhitungan Anda dari ketiga point tersebut masuk akal sehingga tidak akan membuat perencanaan keuangan Anda menjadi berantakan.

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu, tindakan. Pastikan Anda bertanggung jawab dengan perencanaan yang Anda buat. Dengan begitu, tujuan finansial yang ingin Anda capai akan dapat terwujud, bahkan mungkin lebih awal dari yang Anda rencanakan. (Vita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *