Unik, Inilah Tempat Wisata yang Berasal dari Galian Tambang

Memang, adanya aktivitas penggalian tambang yang dilakukan oleh para penambang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia ini, menghasilkan banyak pro dan kontra dari masyarakat Indonesia. Di satu pihak, diberlakukannya aktivitas penggalian tambang ini tentu bisa menghasilkan uang yang cukup banyak untuk pemerintah Indonesia. Namun, di lain pihak tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang mengecam aksi ini, lantaran dianggap dapat merusak alam yang sudah terjaga kelestariannya di Indonesia. Meskipun demikian, tapi siapa yang bisa menyangka, jika beberapa tempat wisata yang dulunya menjadi tempat galian tambang malah bertranformasi menjadi wisata yang paling unik dan dicari di ITX Indonesia.

So, dimana sajakah tempat wisata unik yang berasal dari galian tambang ini? Berikut ini beberapa tempat wisata yang diubah menjadi tempat wisata yang sangat indah.

Bukit Jaddih

Bukit Jaddi
source: google image

Berlokasi di desa Jaddih, kecamatan Socah, kabupaten Bangkalan, Madura, dulunya tempat ini difungsikan untuk penggalian tambang batu kapur putih yang sudah dilakukan selama puluhan tahun. Akan tetapi, dikarenakan galian tambang yang satu ini, terus mengeluarkan mata air yang berwarna biru, sehingga penggalian tambang pun diberhentikan oleh pemerintah Madura. Namun, yang paling uniknya semburan mata air yang terjadi ini, dengan sendirinya membentuk kolam berwarna biru yang dikelilingi oleh dinding batu berwarna putih.

Danau Jayamix

Danau Jayamix
source: google image

Awal mulanya, Danau Jayawix yang terletak di desa Tegal Lega, Kecamatan Cigudeg, kabupaten Bogor ini dijadikan sebagai tempat untuk menggali pasir sekaligus batu yang akan diperjual belikan kepada masyarakat Indonesia. Tapi, setelah menggali sampai dengan 40 meter jauhnya, air yang ada di dalam galian ini terus memenuhi semua galian yang sudah dikerjakan oleh para penambang. Sehingga, dengan begini bisa dipastikan hasil tambang yang menyemburkan banyak mata air pun berubah menjadi destinasi wisata baru paling unik di kabupaten Bogor.

Danau Kaolin

Danau Kaolin
source: google image

Jika dilihat dari kejauhan, danau Kaolin yang berlokasi di desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung ini mirip dengan gunung es berada di negara Islandia. Namun, apabila dilihat dengan teliti, ternyata danau ini hanyalah sebuah tempat yang berasal dari hasil galian tambang kaolin yang sudah dibiarkan begitu saja oleh perusahaan air mineral bumi. Yang paling mengesankan, setelah adanya penggalian ini membuat lubang-lubang bekas galian pun mengeluarkan air berwarna biru mirip dengan air laut. Disebabkan bagusnya pemandang yang disuguhkan oleh danau ini, tentu saja membuat danau yang satu ini menjadi pusat wisata unik di Belitung.

Hmm, apakah kalian tidak tertarik untuk mengunjungi tempat wisata unik yang berasal dari galian tambang ini? –SH–

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *