Trik Mudah dan Hemat Saat Pindah Rumah ke Luar Kota

pindahan rumah
image source: Pinterest

Developer property Indonesia baru-baru ini tengah mengembangkan daerah-daerah di luar Jabodetabek sebagai kawasan perumahan baru. Tidak heran deh jika kawasan-kawasan ini menjadi incaran para anak muda yang sedang mencari rumah sebagai investasi untuk tempat tinggal. Nah, kalau kamu termasuk salah satunya dan rumahmu sudah siap huni, pastinya kamu harus pindah dong dari rumah lama di kota ke rumah baru yang berada di luar kota? Well, pindah ke rumah baru memang merepotkan sekaligus menyenangkan. Apalagi bila kamu pindah ke rumah tua, karena ada beberapa hal yang harus dihindari saat merenovasi rumah tua. Kami punya tips agar kamu bisa pindah rumah tanpa harus keluar banyak uang. Simak tipsnya!

  • Tentukan perabotan apa yang hendak dibawa. Ingatlah bahwa tidak semua perabotan harus dibawa ketika pindahan. Bawa barang-barang yang dibutuhkan saja dan jual yang tidak diperlukan. Dengan begitu, benda yang harus dibawa tidak terlalu banyak dan bisa membuat kita menghemat lahan di truk angkut. Nantinya, uang dari hasil berjualan furnitur yang tidak dibutuhkan bisa digunakan untuk membeli furnitur baru atau digunakan untuk membayar jasa angkut. Lebih hemat dan lebih simpel, kan?
  • Atur furnitur berukuran besar. Siasati furnitur-furnitur berukuran besar seperti tempat tidur, lemari, atau bahkan meja dengan cara melipatnya. Lepaskan baut-baut yang menyatukannya dan rakit kembali ketika sudah sampai di rumah baru. Hal ini bisa membantu menghemat tempat sehingga kamu tak perlu repot ketika pindahan.
  • Pilih-pilih jasa angkut. Pilihlah jasa angkut yang memiliki truk berukuran besar agar bisa membawa semua barang bawaan dalam satu kali jalan. Atur barang-barang sedemikian rupa sehingga semua furnitur yang hendak dibawa bisa terangkut. Namun demikian, untuk barang-barang pribadi seperti baju atau barang berharga misalnya, lebih baik dibawa sendiri dengan menggunakan mobil pribadi.
  • Manfaatkan kain dan kaus kaki. Alih-alih membeli bubble wrap, lebih baik gunakan kain dan kaus kaki untuk membungkus barang pecah belah. Selain menghemat tempat karena kamu sekaligus menyimpan kain dan kaus kaki, barang pecah belahmu juga lebih terlindungi.
  • Gunakan mobil pribadi. Manfaatkan mobil pribadi untuk mengangkut barang-barang berharga, pakaian, dan dokumen berharga saat pindahan rumah. Agar kamu tidak capek, sebaiknya sewa supir atau minta kerabat untuk menyetir ke rumah baru. Dengan demikian, ketika kamu tiba di rumah baru, kamu bisa langsung berberes rumah.

Gimana, pindahan rumah ke luar kota ternyata mudah dan juga tidak memakan banyak biaya, kan? Semoga lancar dan betah di rumah baru, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *