Tips Tepat Memilih Produk Asuransi Kerugian

Asuransi KerugianMemiliki produk asuransi kesehatan yang bisa mencover keperluan kesehatan Anda tentu akan sangat membantu, jika Anda tiba-tiba membutuhkan biaya tinggi untuk perawatan. Selain asuransi kesehatan memiliki asuransi yang dapat mengcover kerugian yang terjadi pada harta Anda, misalnya saja rumah, kendaraan, atau perusahaan Anda merupakan hal yang penting juga. Sehingga bila terjadi sesuatu pada harta Anda tersebut seperti rumah kebakar atau mobil tertabrak, setidaknya Anda terhindar dari beban dan stress yang berlebih karena kehilangan tersebut.

Memilih produk asuransi yang tepat terkait dengan harta ini pun tentu tidak bisa sembarangan. Setidaknya ada beberapa halĀ  yang harus Anda perhatikan saat memilih dan menentukan produk asuransi yang tepat, di antaranya:

Pilih barang sesuai perhitungan ekonomisnya

Sebelum mulai memilih produk asuransi, yang harus dilakukan adalah memilih barang yang diasuransikan yang memang layak diasuransikan sehingga tidak akan membuat Anda rugi nantinya. Misalnya saja Anda mengasuransikan rumah dan perabotannya, tidak perlu mengasuransikan komputer Anda karena nilai recoverynya biasanya lebih rendah dibandingkan dengan nilai saat pembeliannya. Sementara untuk asuransi pada perusahaan maka barang-barang yang berhubungan dengan produktivitas seperti mesin dan peralatan lainnya tentu sangat penting untuk juga diasuransikan.

Cari informasi yang lengkap

Carilah informasi yang lengkap dan jelas terkait produk asuransi yang ingin diambil. Mulai dari jenis asuransi, besaran premi per bulannya, besaran jaminan atau cover yang diberikan, serta prosedur klaim.

Pilih cakupan tanggungan yang terbaik

Sebaiknya pilihlan asuransi dengan cover atau pertanggungan yang jaminannya paling luas. Misalnya saja cover property all risk untuk asuransi properti gedung, atau cover all risk untuk asuransi kendaraan bermotor Anda.

Pilih paket produk asuransi yang lengkap

Sebaiknya pilihlah paket asuransi yang lengkap sekaligus, dibandingkan dengan satu produk asuransi saja. Dehingga Anda bisa memperoleh pelayanan dan fasilitas asuransi yang lebih baik.

Sistem asuransi

Sesuaikan sistem asuransi yang dipilih dengan kebutuhan Anda:

  • Sistem first loss insurance cocok untuk objek pertanggungan dengan nilai yang besar. Dengan sistem ini, premi yang dibayarkan menjadi tidak terlalu besar.
  • Sistem adjustable policy bisa Anda pilih untuk asuransi stok barang dagangan yang nilainya pada umumnya dapat berbeda-beda setiap hari dan bulannya. Dengan sistem ini, pembayaran premi didasarkan pada transaksi atau volume yang telah dilakukan.

Teliti dan kritis

Selalu telitilah saat membaca semua pernyataan polis dan pasal-pasalnya. Tanyakanlah hal yang belum Anda pahami sebelum menyetujui polis asuransi tersebut. Segera informasikan kepada pihak penerbit asuransi untuk segera diperbaiki, jangan sampai kesalahan ini akan merugikan Anda di kemudian hari.

Semoga tips memilih produk asuransi kerugian tadi bisa membantu Anda memilih asuransi yang tepat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *