Tips Nyaman Menyetir Bagi ibu hamil

ibu hami nyetir
image source: BabyCenter

Banyak yang bilang menyetir termasuk pantangan yang sebaiknya dihindari saat hamil. Kenyataannya tidak ada larangan yang menjelaskan jika wanita hamil tidak diperbolehkan untuk menyetir mobil ketika ingin bepergian baik itu ke pusat perbelanjaan ataupun menuju kantor. Hanya saja, menyetir saat hamil ini tentu harus dikurangi oleh ibu hamil terlebih jika perut sudah mulai membesar. Sebab, takutnya nanti bisa membahayakan kandungan. Ditambah lagi, apabila ibu hamil mengalami kelelahan saat menyetir lantaran kekurangan nutrisi dari makanan sehat ataupun susu UHT untuk ibu hamil tentu akan semakin berbahaya jika dipaksakan menyetir.

Nah, bagi ibu hamil yang masih menyetir meskipun tengah hamil, ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan agar tetap nyaman saat menyetir. Adalah diantaranya sebagai berikut ini mengutip dari alodokter:

  • Posisikan tempat duduk jauh dari setir. Ini penting dilakukan agar tidak mempersulit Ibu ketika menyetir mobil serta tidak menyakiti janin yang berada dalam rahim. Selain itu, posisi ini dapat pula membuat Ibu nyaman meski tengah menyetir.
  • Jangan menggunakan pakaian dan sepatu yang terlalu sempit ketika menyetir. Mengapa? Selain menggangu Ibu berkendara, pakaian sempit dapat memicu munculnya penyakit berbahaya seperti paresthesia (kondisi abnormal dimana ibu hamil bisa mengalami gatal, baal, dan sebagainya. Atau berisiko menimbulkan heartbun (rasa sesak di bagian dada).
  • Letakkan ganjalan (bantal) di bagian belakang kursi. Hal ini sangat penting Ibu lakukan supaya tidak memicu timbulnya sakit pinggang karena terlalu lama menyetir. Tidak hanya itu, memberi ganjalan pun dapat membuat ibu hamil nyaman saat mengendarai mobil.
  • Agar tidak membahayakan kesehatan tubuh ataupun janin di dalam rahim, baiknya Ibu tidak duduk terlalu lama dalam mobil. Apabila sudah melewati jarak sekitar beberapa meter atau selama 1 jam, maka Ibu disarankan untuk berhenti dan keluar sebentar dari mobil. Pergilah jalan-jalan kecil sembari merilekskan tubuh yang lelah karena menyetir.
  • Pastikan selalu melakukan peregangan dengan cara mengangkat atau memutar kaki selama beberapa menit setelah menyetir. Ini dianjurkan agar tidak mengakibatkan kaki bengkak serta dapat mentasbilkan aliran darah.

Itu sedikit tips yang bisa Ibu lakukan agar nyaman ketika menyetir meski sedang hamil. Semoga memberikan banyak manfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *