Pregobesitas
image source: pinterest

Seperti yang diketahui, pregobesitas merupakan kondisi serius yang menyerang tubuh ibu hamil akibat terjadi peningkatan berat badan secara berlebihan pada masa periode kehamilan. Terjadinya peningkatan berat badan ini, tentu sangat membahayakan karena dapat meningkatkan risiko keguguran, penggumpalan darah, bayi lahir besar, cacat tabung saraf pada bayi, diabetes gestasional, dan masih banyak lainnya. Meski begitu, kondisi ini masih tetap bisa diatasi dengan cara selalu mengonsumsi makanan sehat dan meminum susu ibu hamil low fat.

Tidak hanya itu, pregobesitas juga bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal penting berikut, di antaranya:

  • Rajin berolahraga. Selama masa kehamilan, ibu hamil tentu sangat dianjurkan untuk rajin berolahraga. Dengan berolahraga, maka tubuh akan terasa lebih bugar sekaligus dapat mengatasi semua keluhan yang mungkin saja muncul pada saat hamil, khususnya pregobesitas. Untuk olahraganya sendiri tidak harus yang berat, melainkan olahraga ringan seperti berenang, berjalan, aerobik ringan, yoga, dan sebagainya. Namun, sedikit saran, sebelum melakukan semua olahraga ini, pastikan Ibu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kehamilan.
  • Jauhi makanan yang mengandung banyak minyak. Ketika hamil, ada baiknya Ibu menjauhi segala jenis makanan yang mengandung banyak minyak. Selain tidak sehat, makanan ini dapat meningkatkan pregobesitas, sehingga bisa memicu kemunculan penyakit berbahaya seperti yang sudah dijelaskan di bagian pertama. Di samping itu, makanan ini juga menyimpan kandungan lemak jahat, di mana kandungan ini dapat membahayakan kesehatan janin yang masih berada di dalam rahim.
  • Cukupi kebutuhan cairan. Saat hamil, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih delapan gelas perhari. Seperti yang kita ketahui, air putih sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, dengan rajin meminum air putih, maka makanan yang dikonsumsi pun tidak akan mengendap begitu lama di dalam perut. Untuk itu, jangan malas minum saat hamil ya, Bu!
  • Istirahat yang cukup. Cukupilah waktu istirahat sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan, selama tujuh hingga delapan jam perhari. Meskipun Ibu sedang mempersiapkan babymoon, misalnya, jangan lupa juga untuk memastikan waktu istirahatnya cukup, ya. Kurang waktu istirahat tentu dapat memicu peningkatan nafsu makan karena hormon ghrelin sedang meningkat. Jika sudah begini, tentu saja kemunculan pregobesitas tidak dapat dihindari.

Itulah cara mudah mengatasi pregobesitas yang muncul pada saat hamil. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: