Tetap Ngemil namun Tetap Langsing? Why Not?

ngemil terusLagi menjaga berat badan atau dalam proses menguruskan badan? Gak mau ngemil karena takut gagal dietnya? Yakin bisa bertahan apalagi sekarang semakin mudah memesan makanan dan cemilan di mana saja. Dan semakin banyak cemilan yang sangat mengoda mata dan perut. Kabar baiknya, sekarang sudah banyak cemilan rendah kalori yang bisa menemanimu dalam proses diet atau proses menjaga berat badan. Yang pasti selain rendah kalori, cemilan-cemilan sehat ini juga enak. Tapi gimana cara memilih cemilan yang sehat dan enak? Berikut ini ciri-cirinya biar gak salah milih:

  • Klo udah rendah kalori berarti kalori atau lemak jahatnya tidak tinggi. Berapa batasnya? Klo bisa cemilan dengan kalori dibawah 100
  • Harus mengandung tinggi serat karena serat lebih lambat diserap oleh sistem pencernaan
  • Mengandung nutrisi alias mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Ngapai makan makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh? Buat namah lemak? Bukannya hal itu lagi dihindari?

Cemilan Rendah Kalori yang Cocok Dikonsumsi

Sesudah tahu ciri-ciri cemilan rendah kalori di atas, mari move on ke step membahas cemilan apa saja yang masuk ciri-ciri di atas biar pada gak bingung mau nyemil apa aja. Berikut ini cemilan-cemilan rendah kalori yang dapat dikonsumsi:

Kacang-kacang

Wah, ini udah pasti tahulah ya karena sudah banyak artikel yang bilang kacang-kacang memang rendah kalori. Namun jangan salah, makan kacang kebanyakan juga gak baik. Berapa jumlah amannya? Berdasarkan hitung-hitungan dari info kalori para kacang-kacang di Lifestyle Kompas, berikut ini sarannya jumlah kacang yang baik dikonsumsi sebagai cemilan:

  • Kacang tanah pangang tanpa garam = 15 butir dengan +/- 80 kalori
  • Kacang almond = 12 butir dengan +/- 80 kalori
  • Kacang mete = 10 butir dengan +/- 85 kalori
  • Kacang kenari = 7 butir dengan +/- 90 kalori
  • Kacang pistachio (pastinya tidak dengan cangkang) = 20 butir +/- 73 kalori

Note: jika ada informasi perhitungan yang lebih benar dan lebih bisa dipercaya, mohon informasikan di komentar biar teman-teman yang lain bisa tahu.

Sayur dan Buah

Klo udah sayur dan buah udah pasti sehat kan ya karena banyak seratnya. Buah apa yang cocok buat cemilan? banyak pilihan dari semangka, pisang, jambu, apel, jeruk, kiwi atau bahkan buah mahal seperti cherry, plum, peach dan lainnya.  Hal ini juga berlaku untuk sayuran. Jika bosan dimakan mentah, buah dan sayur bisa direbus, dijus atau dicampur dengan cemilan sehat lain seperti yogurt, roti gandum dan oatmeal alias terserah kreasi masing-masing. Gimana klo dicampur dengan biskuit jahe? Boleh saja apalagi biskuit jahe merupakan Cemilan yang cocok dikonsumsi saat sakit perut, eh beneran? Ya, karena kandungan jahenya dapat membantu meredakan sakit pada sistem pencernaan.

Snack Bar

Dengan semakin canggih teknologi ternyata sangat mempengaruhi tidak hanya lifestyle masyarakat namun juga bidang kehidupan lainnya seperti bidang food. Dan salah satu inovasi dari kemajuan teknologi untuk makanan adalah snack bar: cemilan sehat rendah kalori yang dikemas sedemikian rupa sehingga memudahkannya untuk dikonsumsi di mana saja dan kapan saja. Salah satu snack bar yang cocok dijadikan cemilan rendah kalori adalah Fitbar. Eh kenapa? Fitbar dibuat dengan perhitungan seksama sehingga kalorinya hanya 90. Dan rasa yang ditawarkan beragam yaitu buah, kacang dan cokelat.

So, let’s snack without worry karena banyak loh cemilan yang enak dan rendah kalori. Siapa bilang cemilan tidak boleh saat diet atau saat lagi menjaga berat badan? asalkan cemilan yang dipilih sehat dan tahu batasnya kenapa tidak? -hm-

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *