Sebagai minuman beralkohol, bir dianggap hanya memiliki beragam dampak negatif. Padahal, belum tentu seperti itu. Banyak pula dampak positif bir sehingga ada alasan untuk tetap meminumnya–dengan bijak tentunya.

Bir merupakan minuman beralkohol yang dibuat melalui proses fermentasi beberapa bahan berpati seperti biji malt, cereal, serta diberi aroma flavor hops. Setelah difermentasi, proses pembuatan bir dilanjutkan tanpa penyulingan. Adapun langkah-langkah tersebut dikenal sebagai brewing. 

Terdapat beraneka ragam jenis bir. Hal itu dikarenakan ada perbedaan bahan dan teknik pembuatan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Berkat hal tersebut, bir jadi memiliki aneka macam dengan karakteristik yang berbeda-beda pula.

Minum Bir
Image Source: Unsplash.com

Meski begitu, biasanya kandungan alkohol di dalam bir ada di kisaran 3% sampai 7%. Selain itu, jumlah nutrisi di dalamnya hampir sama. Sebagai gambaran di dalam setiap botol bir ukuran reguler terdapat 145 kalori dan 11 hingga 14 gram karbohidrat.

Sementara itu, kadar nutrisinya cukup besar. Di dalam 100 gram bir biasanya terdapat 43 gram kalori, 4 miligram sodium, 27 miligram potassium, 3,6 gram karbohidrat total, dan 0,5 gram protein.

Bir sangat cocok dinikmati saat ingin bersantai. Sebotol bir dingin di tengah hawa panas tentu akan sangat menyenangkan. Namun, kegunaan bir bukan cuma untuk relaksasi. Meminumnya juga memberi manfaat besar bagi tubuh, lho. Tapi, patut diingat, konsumsilah secara bertanggung jawab dalam porsi yang tidak berlebihan.

Lalu, apa saja manfaat bir bagi tubuh? Baca terus untuk mengetahuinya, yuk!

  • Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Sebotol bir akan sangat baik untuk jantung. Bir kaya akan vitamin B6 yang membantu mencegah pembentukan plak yang bisa menyumbat arteri. Perannya seperti pengencer darah akan mencegah darah menggumpal sehingga aliran darah tetap lancar.

Dilaporkan oleh Mens Health, sebuah penelitian di Italia sudah membuktikan manfaat bir bagi kesehatan jantung. Peminum bir dalam porsi moderat diketahui memiliki risiko penyakit kardiovaskular lebih rendah 42 persen dibanding yang tidak meminumnya.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi terutama Low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat diketahui memicu beragam masalah kesehatan. Untuk menurunkannya, meminum bir dalam jumlah moderat setiap hari akan sangat membantu.

Bir mengandung sejenis serat larut air yang disebut beta glucan. Zat inilah yang diketahui mampu menjaga level kolesterol.

  • Meningkatkan Kreativitas

Pikiran sedang buntu dan ingin menemukan langkah kreatif? Tidak ada salahnya meminum segelas bir. Minuman beralkohol ini dipercaya mampu mendorong kreativitas berpikir.

Hal ini disebutkan dalam jurnal Consciousness and Cognition dari sebuah riset yang dilakukan terhadap 40 pria yang diminta menyelesaikan puzzle. Pria yang meminum bir sehingga kadar alkohol di tubuhnya mencapai 0,75 ternyata lebih cepat menyelesaikannya dibanding pria yang tidak meminum bir.

  • Mengurangi Kadar Gula Dalam Darah

Bir dapat digunakan untuk mencegah penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Sebuah penelitian di Belanda terhadap 38 ribu orang pria menjadi buktinya. Mereka menemukan bahwa pria yang mulai meminum bir dalam empat tahun terakhir dalam porsi moderat ternyata lebih sedikit terkena diabetes tipe 2 dibanding yang tidak meminumnya.

Meski begitu, jangan asal meminumnya. Konsumsilah dalam porsi normal yang diikuti dengan olahraga teratur dan makan makanan kaya vitamin.

  • Mencegah Batu Ginjal

Bir diketahui bermanfaat untuk pencegahan batu ginjal. Riset yang dilakukan di Finlandia bisa menjadi acuan. Periset tersebut menemukan bahwa setiap satu botol bir yang diminum serta-merta menurunkan risiko pembentukan batu ginjal hingga 40 persen.

Kandungan hops yang tinggi di dalam bir menjadi alasannya. Hops mengandung zat yang disebut phytochemicals yang berfungsi besar untuk menjaga kesehatan ginjal.

  •  Memperkuat Tulang

Bir berguna pula dalam memperkuat tulang. Penyebabnya adalah keberadaan kandungan silicone di dalam bir yang cukup besar. Silicone yang berbentuk orthosilicic acid di dalam bir mampu membantu perkembangan dan menjaga kepadatan tulang.

Bukan hanya itu, kandungan tersebut juga memperkuat jaringan tulang dan memperkecil risiko pengeroposan tulang. Semua itu bisa didapat dari konsumsi bir dalam jumlah moderat secara teratur setiap hari.

Ternyata kegunaan bir sangat besar. Asal tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, bir mampu memberikan manfaat yang positif bagi tubuh. Yuk, segera dapatkan bir di supermarket pilihan!

Biar lebih praktis, pesanlah secara online melalui honestbee. Nanti honestbee akan membelanjakan bir ke supermarket pilihan dengan harga yang sama. Sesudahnya bir segera diantar dengan cepat. Sampai sekarang, pelanggan di Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok sudah bisa memanfaatkan layanan honestbee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: