asuransi mobilIndonesia merupakan negara dengan iklim tropis. Dikarenakan iklim ini, Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Bukan rahasia lagi jika setiap musim hujan, beberapa kota di negara tercinta, Indonesia mengalami musibah banjir. Hal ini tidak hanya dialami oleh kota –kota besar di Indonesia saja tetapi juga Ibu Kota negara, Jakarta. Suka baca atau nonton berita? Salah satu masalah yang perlu diperbaikai oleh para Gubernur Jakarta selain macet adalah banjir. Banyak pemilik kendaraan yang kesal karena tidak bisa melakukan klaim asuransi mobil. Akibatnya, mereka sering kebingungan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mobil terendam banjir.

Tapi apakah benar, mobil yang terkena banjir tidak bisa klaim asuransi? Jawabannya tergantung dengan polis asuransi mobil yang kamu pilih. Jika kamu baru menggunakan asuransi mobil yang basic (dasar) sudah pasti gak ada pelindungan / klaim untuk masalah terendam banjir. Loh gak ada? Yap, hingga saat ini belum ada perusahaan asuransi yang berani memberikan pelindungan masalah terendam banjir untuk produk dasar asuransi mobil. Soalnya banjirkan masalah tahunan yang sering terjadi, sehingga ada harga dan paket perlindungan tambahan khusus.

mobil terendam banjirPaket tambahan apa? Ehm, setiap perusahaan punya nama yang beda sih. Namun biasanya dinamakan perluasan jaminan (Extended Cover). Dalam extended cover ini, kamu bisa memilih perlindungan tambahan baik untuk bencana kehilangan, terendam banjir, rusak karena teroris, angin puting beliung atau masalah lainnya. Tentu ketika kamu memilih perlindungan tambahan, kamu perlu merongok kocek lebih dalam. Semakin banyak perlindungan tambahan berarti semain tinggi premi polis yang harus kamu bayar. Pilihan ada di tanganmu apakah kamu mau memilih perlindungan tambahan atau tidak.

Saat kamu mau melakukan perluasan jaminan / perlindungan, jangan langsung memilih tanpa bertanya terlebih dahulu. Pastikan perluasan jaminan ini memang sesuai dengan kebutuhan. Jadi jangan gak enak hati untuk meminta bagian customer service atau marketing untuk menjelaskan padamu. Jika ada yang tidak mengerti, langsung nanya terutama mengenai berapa besar dan arti deductible di dalam polis asuransi mobil yang kamu mau ambil. Jangan sok pinter di masalah ini. Pastikan kamu mendapatkan perlindungan yang tepat dan sesuai dengan uang yang kamu keluarkan setiap bulan untuk membayar premi. Good luck. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: