Ternyata Puasa Baik untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

puasaMemang saat puasa mungkin kita cenderung merasa lebih lemas dan tidak bersemangat. Akan tetapi, tahukah kamu kalau ternyata puasa baik untuk kesehatan tubuh? Jika dilakukan secara tepat, puasa tidak akan membuatmu jatuh sakit, justru puasa akan menambah daya tahan tubuh. Lagipula, jika memang diperlukan, kamu bisa mengatasi rasa lemas selama berpuasa dengan mengonsumsi vitamin untuk tenaga. Dengan begitu, kamu bisa berpuasa dan tetap bersemangat. Memangnya bagaimana cara puasa menjaga daya tahan tubuh? Nah, ini dia beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Memperbaharui sel imun

Rasa lapar terkadang membuat kita lemas dan gemetar. Karena itu, makan sahur sangat dianjurkan agar rasa lapar saat berpuasa tidak berlebihan dan kamu pun bisa beraktivitas seperti biasa. Terlebih lagi, ternyata rasa lapar itu baik untuk tubuh.

Saat kamu lapar, tubuh akan menghemat energi dan dapat mendaur ulang sel imun yang tidak diperlukan. Bagaimana bisa? Pasalnya saat berpuasa, sel darah putih memang menurun. Namun, setelah berbuka, sel darah putih dapat kembali normal bahkan lebih banyak jumlahnya. Dengan jumlah sel darah putih yang meningkat, tubuh bisa mendeteksi adanya bahaya lebih optimal.

Meregulasi hormon

Berpuasa juga dapat membantu tubuh meregulasi hormon. Ketika tidak mendapatkan asupan makanan selama setengah bahkan seharian, maka tubuh bisa lebih fokus untuk meregenerasi sel dan meregulasi hormon. Banyak hormon yang dibutuhkan oleh tubuh, dan ternyata hormon-hormon tersebut bisa ditingkatkan produksinya dengan cara berpuasa.

Menormalkan berat badan

Selain baik untuk kesehatan, puasa juga dapat menormalkan berat badan. Bagi kamu yang merasa memiliki berat badan berlebih, dengan puasa kamu bisa menurunkannya. Berpuasa membuat tubuh untuk membakar lemak sebagai sumber energi utama. Alhasil, tubuh lebih efektif menghilangkan lemak. Tentunya dengan berkurangnya lemak, tubuh bisa terhindar dari penyakit-penyakit kolesterol, asam urat, dan lain-lain. Selain menurunkan massa tubuh, puasa juga dapat membuat tubuh mengoptimalkan pertubuhan otot, sehingga baik untuk kamu yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal.

Nah, agar puasamu berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *