Musim hujan sudah tiba dan bagi Anda para pemilik truk logistik atau kendaraan lainnya, aktivitas merawat kendaraan pastinya menjadi cukup tricky. Bagaimana tidak, kendaraan jadi lebih cepat kotor, berlumpur, dan juga terlihat kusam setiap kali menerobos hujan. Anda pun jadi malas membersihkannya sebab kendaraan akan berubah menjadi kotor tak peduli meskipun telah dibersihkan.

Nah, sebetulnya membiarkan kendaraan tetap dalam keadaan kotor setelah hujan-hujanan bisa jadi bumerang juga untuk Anda. Pasalnya, bekas air hujan yang melekat bisa membuat warna cat memudar, meninggalkan bekas, atau bahkan menjadi tempat tumbuhnya jamur. Tak hanya itu, bekas air hujan juga bisa meningkatkan potensi karat pada kendaraan jika tak segera dibersihkan.

Namun demikian, membersihkan kendaraan setelah hujan-hujanan juga tak bisa dilakukan sembarangan. Berikut ini merupakan cara terbaik yang bisa Anda coba:

  1. Hindari langsung mengelap bodi kendaraan. Hal pertama yang biasa Anda lakukan setelah kendaraan melewati guyuran hujan adalah mengelapnya. Tindakan ini salah besar, sebab kotoran dan partikel pasir yang tanpa sengaja melekat bisa merusak bodi kendaraan. Lantas, apa yang harus dilakukan pertama kali? Cek langkah berikutnya, ya!
  2. Bilas bodi kendaraan secara menyeluruh. Yup, banyak ahli otomotif yang menyarankan Anda untuk membilas seluruh bodi mobil setelah menerabas hujan. Gunakan air bersih untuk meluruhkan semua kotoran yang melekat. Dengan demikian, tak ada lagi partikel yang melekat di bodi mobil.
  3. Jangan tunda sampai mengering. Membilas bodi kendaraan baiknya dilakukan sesaat setelah melalui guyuran hujan. Pasalnya, jika bekas air hujan dibiarkan mengering, maka efeknya akan berdampak pada cat di bodi mobil. Air hujan mengandung garam sehingga Anda akan menemukan bercak deposit yang sulit untuk dibersihkan.
  4. Keringkan setelah dibilas. Jika kendaraan sudah dibilas secara menyeluruh, barulah keringkan semuanya dengan menggunakan lap bertekstur lembut. Pastikan tak ada bekas air yang tertinggal. Dengan demikian, permukaan kendaraan Anda pun akan tetap terawat dan tak akan meninggalkan bekas meski sehabis hujan-hujanan.

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: