Tanda Ini Menunjukkan Kampas Rem Mobil Telah Habis

dalam mobilSelain melakukan ganti oli mobil secara rutin, mobil juga membutuhkan perawatan lainnya. Khususnya pada komponen yang berkaitan langsung dengan keselamatan berkendara, seperti sistem rem. Tentunya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan fungsi rem terganggu, salah satunya adalah kampas rem yang telah aus atau habis.

Mungkin agak sulit bagi Anda untuk melakukan pengecekan terhadap komponen ini secara rutin, untuk mengetahui apakah kampas rem masih layak atau tidak digunakan. Untuk mempermudahnya, Anda sebenarnya bisa mengetahui kondisi kampas rem melalui tanda yang diberikan, di antaranya:

  • Rem menimbulkan bunyi

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa menyebabkan rem menimbulkan bunyi, dan kampas rem yang telah aus adalah salah satunya. Suara yang muncul biasanya berbunyi seperti gesekan yang terjadi antar logam. Bunyi tersebut muncul karena memang terjadi gesekan logam antara piringan cakram dengan bagian logam kampas rem. Semakin keras bunyi gesekan logam ini, menandakan kampas rem sudah benar-benar habis.

  • Pedal rem bergetar

Ketika kampas rem telah habis, akan membuat permukaannya menjadi tidak rata. Akibatnya, akan muncul getaran pada saat pedal rem diinjak. Getaran ini pada awalnya tidak terlalu parah jika kampas rem belum benar-benar habis. Namun, jika kondisinya sudah benar-benar habis, atau bahkan sudah parah, getaran ini bisa terasa hingga bagian kemudi atau setir mobil.

  • Pijakan pedal rem semakin dalam

Anda pasti sudah tahu ukuran tingkat kedalaman injakan pedal rem dalam kondisi normal, jika mobil yang dikendarai adalah mobil yang sering digunakan. Ketika Anda merasakan bahwa pedal rem harus diinjak terlalu dalam untuk mengerem kendaraan, bisa jadi penyebabnya adalah kampas rem yang sudah mulai habis.

Selain ketiga tanda di atas, masih ada beberapa tanda lainnya, seperti minyak rem yang semakin habis dan ditemukan serbuk kampas pada velg bagian dalam. Jika salah satu dari tanda di atas sudah terjadi pada mobil Anda, maka ada baiknya jika Anda segera mengganti kampas rem. Namun, disarankan juga untuk mengecek kampas rem secara rutin sebelum tanda di atas muncul, dengan begitu, sistem pengereman akan dapat berfungsi maksimal. (Vita)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *