Suplemen dan Manfaatnya untuk Kesehatan

makanan sehat
image source: lifebru

Sekarang ini, banyak sekali suplemen untuk kesehatan tubuh yang banyak dijual di pasaran. Nah, jika kalian tertarik untuk membeli dan mencobanya, tentu kita pun harus paham benar tentang manfaat suplemen dan bagaimana dampaknya untuk tubuh kita. Untuk itu, coba simak artikel berikut ini sebelum kalian membeli suplemen, ya!

Manfaat suplemen untuk tubuh?

Tentunya, masih banyak di antara kita yang bertanya-tanya, sebenarnya apa sih manfaat suplemen untuk tubuh kita? Mengapa kita disarankan untuk mengonsumsinya? Apakah makanan bergizi saja tidak cukup? Nah, tahan dulu semua pertanyaan kalian. Coba kita bahas satu-persatu, ya!

Jadi, sebetulnya suplemen ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan tubuh NAMUN tidak bisa didapatkan dari menu makanan harian kita. Misalnya saja kebutuhan kalsium dalam tubuh. Kita bisa mendapatkan manfaat kalsium dari berbagai makanan dan susu. Namun bagaimana dengan mereka yang alergi susu sehingga tidak bisa meminumnya? Atau jika kita sudah mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium namun tak juga memenuhi jumlah dosis harian kalsium yang dibutuhkan tubuh? Nah, di sinilah manfaat suplemen yang sangat terasa; tugasnya adalah untuk membantu kita memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dengan mudah. Namun demikian, patut dicatat bahwa suplemen bukanlah pengganti makanan dan posisinya hanya membantu kita melengkapi nutrisi. Bukan menggantikan, ya.

Mengonsumsi suplemen setiap hari berbahaya tidak, sih?

Kita sudah tahu apa manfaat suplemen untuk tubuh dan memutuskan untuk mengonsumsinya. Namun demikian, muncul pertanyaan baru: jika suplemen dikonsumsi setiap hari, apa tidak berbahaya untuk tubuh?

Nah, jawabannya adalah: Tidak. Asalkan kita tetap menjaga gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bernutrisi, menghindari makanan yang bisa membuat perut kembung dan olahraga cukup, maka suplemen ini tidak berbahaya dan justru membawa dampak positif untuk tubuh. Namun, kembali lagi pada pernyataan yang sudah dibahas di atas, kita harus paham bahwa suplemen ini bukanlah obat yang bisa membuat kita lebih sehat. Suplemen hanya membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan tidak untuk mengobati jenis penyakit tertentu.

Itu dia beberapa pertanyaan yang sering timbul seputar suplemen. Semoga membantu dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *