Selintas Tentang Studio Ghibli

studio ghibli
source: google

Untuk kamu yang suka menonton film, suka penasaran tidak sih dengan prodution house atau studio yang bertanggung jawab dengan film tersebut? Jika kamu menonton film Indonesia, tahukah kamu production house Indonesia mana yang menggarap film tersebut? Atau ketika sedang menonton animasi Jepang, studio mana ya yang memproduksi animasi ini? Hal ini penting lho, sebab dengan mengetahui siapa yang memproduksi dan bagaimana sejarahnya, kamu bisa sedikit mengapresiasi tentang orang-orang di balik layar yang bekerja keras untuk menciptakan film tersebut.

Nah, bicara soal animasi, ada satu studio yang sangat terkenal di Jepang. Namanya adalah Studio Ghibli.

Terletak di Koganei, Tokyo, studio ini secara khusus berfokus pada penciptaan animasi-animasi yang meninggalkan kesan tersendiri pada penontonnya. Dengan sinematografi yang bagus, Ghibli mengangkat kisah-kisah sederhana yang mungkin sering ditemui di dalam kehidupan sehari-hari dan cukup emosional. Sejak awal hingga saat ini, Ghibli pun sudah menyabet banyak penghargaan baik nasional maupun internasional.

Studio ini berdiri pada tahun 1985 di bawah pimpinan Hayao Miyazaki. Hayao Miyazaki adalah seorang sutradara ternama, yang keberadaannya telah diakui oleh warga dunia. Bersama dengan Isao Takahata, rekan sekaligus pembimbingnya, Studio Ghibli ini akhirnya bisa berdiri. Berawal dari adaptasi film Nausicaä of the Valley of the Wind (yang merupakan manga bersambung dari Tokuma Shoten), Ghibli pun perlahan-lahan mulai memproduksi animasi yang sangat berkualitas. Ghibli kemudian memberikan hak distribusi pada Disney melalui Tokuma (induk perusahaan Studio Ghibli) untuk menayangkan beberapa filmnya seperti Princess Mononoke dan Spirited Away.

Asal-usul nama Studio Ghibli bisa dibilang cukup filosofis. Kata ‘ghibli’ sendiri berasal dari nama panggilan yang digunakan orang Italia untuk pesawat pengincar Sahara pada masa Perang Dunia II. Artinya adalah ‘angin panas yang bertiup menyusuri Gurun Sahara’. Kata ini juga diserap dari bahasa arab yakni ‘qibli’ yang berarti ‘qibla’ atau ‘kiblat’. Jika disatukan, ‘ghibli’ sendiri berarti studio yang meniupkan angin baru sebagai kiblat dari industri animasi.

Untuk beberapa film ikonik dari Studio Ghibli yang juga populer di seluruh dunia adalah My Neighbor Totoro, Kiki’s Delivery Service, Grave of The Fireflies, Spirited Away, dan juga Howl’s Moving Castle. Bagi yang belum nonton, ayo ditonton apalagi ada 22 film studi Ghibli yang akan ditayankan di 17 kota Indonesia. Ini bukan bohong loh karena infonya langsung dari Kompas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *